Pemkot Isi Kekosongan Jabatan eselon II

9

TANAMODINDI, MERCUSUAR- Wali Kota Palu, Hidayat melantik sebanyak enam pejabat eselon II diruang lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palu pada Senin (9/7/2018) di Kasiromu Setda Palu, keenam pejabat tersebut sebelumnya telah melalui seleksi terbuka dalam mengisi jabatan yang dibuka Pemerintah Kota (Pemkot).

Hidayat dalam sambutannya kembali menegaskan dan berharap agar pejabat yang dilantik berkomitmen dalam melaksanakan tema pembangunan Kota Palu beradat dan berbudaya dilandasi iman dan taqwa.

Karenanya dia meminta seluruh perangkat daerah, utamanya kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bekerja optimal dalam mewujudkan visi melalui enam misi.

“Tolong kepala OPD saya dibantu. Jangan belok -belokkan program yang sudah diarahkan sesuai tema,” kata Hidayat.

Hal paling mendasar yang harus ditunjukkan kepala OPD adalah kecakapan dalam mengarahkan program anggaran dan kegiatan sesuai visi dan misi.

“Kemampuan membreak down kebijakan anggaran dalam program. Jangan menyimpang dari rel enam misi yang ada. Kalaupun ada harapan lain, itu kesampingkan dulu,”ujarnya.

Hidayat mengaku mempersilahkan OPD untuk menyusun program sebanyak-sabanyaknya. Asalkan program tersebut benar-benar pro rakyat sebagaimana tema pembangunan.

“Prinsipnya bukan program yang mengejar anggaran. Tapi anggaran yang mengikuti program. Kalau berfikir program yang mengejar anggaran, maka akan muncul kreasi dan inovasi yang negatif,”sebutnya.

 

Hidayat: Saya Tidak Pilih Orang

Dalam kesempatan itu diapun kembali menegaskan konsekuensi bagi pejabat yang coba-coba menggiring program anggaran dan kegiatannya pada hal-hal menyimpang dari tujuan tema pembangunan.

“Mohon maaf, saya tegas untuk ini. Jika harus non job, ya kami nonjobkan. Dan harus begitu, kita tidak pilih pilih orang. Kalau tidak begitu, tidak ada sama sekali perubahan,”tegasnya.

Oleh sebab itu, kepala OPD ia harap untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas. Tidak memilih-milih “tempat basah” Bekerja tidak dilandasi karena kedekatan dengan pimpinan.

“Tunjukkan inovasi, sehingga nantinya siapapun pimpinan kedepan, kalian akan tetap akan dipakai. Karena jabatan ini berputar,” tandas Hidayat.

Adapun enam kepala OPD yang dilantik antara lain, Ir. Iskandar Arsyad m.Si sebagai Kepala Dinas  Perumahan dan Kawasan Pemukiman yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Preservasi dan peralatan pada balai besar pelaksanaan jalan nasional XIII Makassar. Kemudian Mohammad Arif, S.STP, M.Si sebagai Kepala Dinas Perhubungan sebelumnya menjabat Camat Palu Timur.

Lalu, Abidin sebagai Kepala Dinas Sosial, yang sebelumnya Sekretaris pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng, Dr. Farid Rifai, S. Sos, M.Si sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah yang sebelumnya menjabat Sekretaris pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu. Drs. Syamsul Saifudin sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah yang sebelumnya adalah Sekretaris pada Dinas yang sama dan Agus Munandar, S.Sos., M.sI sebagai kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palu yang sebelumnya Sekretaris pada Badan Kepegaawaian Daerah Provinsi Sulteng. ABS

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish