Soal PPLP, Kemenpora Puji Dispora Sulteng

8

PALU,MERCUSUAR- Kontribusi atlet dari pembinaan  PPLP Sulawesi Tengah ke nasional dan internasional cukup bagus yang ditandai dengan 4 atlet yang masuk tim Asian Games 2018 di cabor Dayung, Taekwondo dan Sepaktakraw. Demikian dikatakan Surono dari Kemenpora RI dalam pembukaan   Pelatihan Tenaga Keolahragaan yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (10/7/2018) di Hotel Amazing Palu.

Surono menilai pembinanan di PPLP/PPLP-D Sulawesi Tengah berjalan dengan baik yang ditandai dengan bergabungnya atlet di  3 cabor   dalam persiapan Asian Games 2018.

“Kalau melihat komposisi 3 cabor dari 8 yang dibina di Dispora saya pikir itu sudah hasil yang luar biasa dengan keterbasan(sarana) yang ada di Sulawesi Tengah. Tapi, semangat dan daya juang pengelolaan orang-orang yang ada di  Dispora, para pelatih dan kerjasama dengan pengcab maupun pengprov ternyata menghasilkan prestasi yang luar biasa,” terang Surono kepada wartawan.

“Kami telah melakukan degradasi sekitar sebanyak 152 atlet dari 15 provinsi tapi   tidak mencoret atau mendagradasi  PPLP Sulawesi Tengah karena pembinaan atletnya sangat bagus bahkan kami rencanakan menambah cabang olahraga untuk di bina di PPLP Sulteng,”ujarnya.

Pelatihan Tenaga Keolahragaan menurut dia wajib dilakukan yang berkaitan dengan program latihan yang dibuat pelatih. Sehingga dia berharap peserta yang hadir dari pelatih-pelatih PPLP,PLP-D, SKO, pengprov, guru olahraga dan  mantan atlet yang diangakat PNS dapat meningkatkan cara melatih dengan menyusun program secara benar.

“Salah satu kelemahan pelatih yang ada di PPLP yaitu membuat program latihan tahunan,bulanan, mingguan maupun harian. Maka kami datangkan para pakar dari Universitas Jakarta yang menguasai tentang program latihan yang mencakup semuanya,baik itu kondisi  fisik,taktik dan kematangan bertanding agar mutu pelatih di Sulawesi Tengah.Dan mudah-mudahan kegiatan program latihan ini dapat membuka wawasan dan wacana dari pelatih khususnya pelatih PPLP/PPLP-D,  pengcab maupun pengprov  dari 21 cabor,”tutupnya.

Pelatihan Tenaga Keolahragaan yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari tersebut juga dihadiri pejabat dari Kemenpora lainnya, yakni Oktavianus Matakupan dan Iman Sulaiman dan dibuka oleh sekretaris Dispora Sulteng, Mardiansyah. CLG

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish