100 Pasang Mempelai Ikut Program Nikah Masal

0 22

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Sebanyak 100 pasang mempelai yang telah memenuhi persyaratan  dari sejumlah kelurahan di Kecamatan Ulujadi ikut serta dalam kegiatan nikah masal yang di gelar Pemerintah Kota (Pemkot)  Palu melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama Kota Palu.

Kegiatan ini digelar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulujadi, Selasa (15/10/2019).

Acara dihadiri oleh Asisten III Kota Palu, Imran Lataha, yang mewakili Wali Kota Palu, Kepala Kankemenag Palu, Masum Rumi, Ketua MUI Kota Palu, Zainal Abidin, para Kepala OPD terkait,  Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Palu, para Camat, para Kepala KUA serta para keluarga dari para mempelai.

Dalam sambutan Wali Kota Palu mengucapkan selamat berbahagia kepada peserta nikah masal, kegiatan ini sungguh sangat membahagiakan karena dapat menciptakan keluarga baru yang memiliki moral dan akhlak yang baik, hidup rukun, saling menghargai di tengah-tengah masyarakat. Selain itu mampu mendukung program dan kebijakan pemerintah yang berbasis pada keluarga atas dasar ikatan ajaran agama.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan derajat sosial masyarakat Kota Palu secara khusus bagi pasangan suami istri yang hidup bersama tanpa ikatan perkawinan yang sah. Hal ini juga sebagai perwujudan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974.

“Kami Pemkot Palu mencoba fasilitasi seluruh masyarakat Kota Palu yang belum tercatat pernikahannya secara hukum negara, ini merupakan suatu hal yang membahagiakan. Jarang kita melakukan kegiatan seperti ini, saya kira ini merupakan bagian dari misi pemerintah Kota Palu sebagai kota jasa, berbudaya dan beradat yang dilandasi oleh iman dan taqwa,” tuturnya.

Sementara Kakankemenag Palu Masum Rumi menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini. Saya mengapresiasi kepada Walikota Palu dan jajaranya yang sangat peduili dengan program-program keagamaan, istimewanya nikah masal kali ini para pasangan mempelai bukan hanya menerima buku nikah, tetapi juga KTP baru dan kartu keluarga baru yang mana KUA telah bekerjasama dengan Dinas Dukcapil ( Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Palu,” kata H. Masum Rumi. 

Tampak ratusan mempelai yang hadir menyambut gembira kegiatan ini merupakan sesuatu yang sangat membantu bagi kami, kami bisa dapat buku nikah, KTP dan KK dalam waktu bersamaan ucap Lito salah satu mempelai yang berasal dari Kelurahan Silae.  

Dalam acara nikah masal ini tercatat Zamrud sudin (57) dan Nurhayati (54) sebagai salah satu pasangan mempelai tertua yang melakukan prosesi pernikahan.UTM

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish