146 Mahasiswa FUAD IAIN Palu Akan Ikuti PPL Daring

  • Whatsapp
PPL DARING

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Palu melaksanakan pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pembekalan PPL ini bertajuk Adaptasi Kebiasaan Baru: Fleksibilitas Praktek Pengalaman Lapangan di Tengah Pandemi Covid-19.

Pembukaan pembekalan PPL ini dilaksanakan di Aula Dakwah IAIN Palu, Rabu (16/9/2029), dengan penerapan protokol kesehatan.

Ketua Panitia, Muhsin, S.Th.I., MA.Hum, dalam laporannya mengatakan, PPL kali ini dilaksanakan secara daring. Kata dia, ada 146 mahasiswa yang mengikuti PPL daring.

Pihak panitia kata dia, telah memberikan surat kepada 17 lembaga/instansi, yang akan menjadi tempat pelaksanaan PPL daring. Pemberlakuan PPL daring ini kata dia, dilakukan dengan pertimbangan masa pandemi Covid-19.

Pilihan Redaksi :  Jenazah Ditemukan Mengapung di Laut - Diduga Korban Tsunami

Dekan FUAD IAIN Palu, Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag, dalam sambutannya mengatakan, kondisi PPL kali ini dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, di mana pelaksanaan PPL kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena ada protokol kesehatan yang dilaksanakan.

“Tolong dicermati, para peserta PPL saat berkoordinasi dengan pamong, agar tidak meninggalkan protokol kesehatan. Kemudian hal yang juga perlu menjadi perhatian adalah etika berkomunikasi dengan orang lain, terutama dengan pamong atau lembaga tempat pelaksanaan PPL,” ujarnya.

Kepada para pembimbing peserta PPL juga kata dia, diharapkan agar memperhatikan dua hal ini, agar benar-benar dilaksanakan oleh mahasiswa.

Sementara itu, Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, kebijakan kegiatan akademik dan non akademik di masa pandemi Covid-19 ini, diusahakan semuanya bisa berjalan, sebagaimana yang telah direncanakan, di mana konsep itu, muaranya pada pelayanan.

Pilihan Redaksi :  Masyarakat Diimbau Teliti Memilih Obat

Protokol kesehatan kata rektor perlu sangat diperhatikan dalam pelaksanaan PPL kali ini, yakni selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Ketiga hal inilah yang kata dia menjadi poin penting dalam situasi adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

Pembekalan PPL ini dilaksanakan selama dua hari, yakni 16 dan 17 September 2020. Proses pembekalan ini diisi dengan beragam materi dari sejumlah narasumber, terkait elemen-elemen pelaksanaan PPL di masa pandemi Covid-19 ini. JEF

Baca Juga