2.593 Honorer Sigi – Jadi Peserta BP Jamsostek

  • Whatsapp
FOTO HLLL BPJS KETENAGAKERJAAN

SIGI, MERCUSUAR – Sebanyak 2.593 pegawai honorer di Sigi telah didaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Demikian dikatakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh Basir Lainga pada wartawan Mercusuar usai penandatanganan kerjasama antara Pemkab Sigi dengan BP Jamsostek Cabang Palu di Gedung Belo Rapovia Belo Rakava, Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Rabu (16/9/2020).

Berita Terkait

Dijelaskan, ke 2.593 honorer tersebut tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah kecamatan dan UPTD, serta honorer di sekolah yang memiliki SK Bupati.

Pilihan Redaksi :  Positif COVID-19 Capai 855 Kasus

“Jadi semua pegawai honorer yang sudah terdata, honornya telah tercover di tahun 2020 akan ditanggung dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Lanjut Sekkab, selain penandatanganan kerjasama, juga dilakukan sosialisasi kepesertaan BP Jamsostek kepada honorer Pemkab Sigi yang hadir.

“Dengan penandatanganan kerjasama tersebut, Pemkab Sigi berkomitmen dan peduli terhadap para pegawai honorer yang telah mengabdikan dirinya untuk membangun Sigi,” ujarnya.

Sekkab berharap kedepan Pemkab Sigi dapat meningkatkan kesejahteraan para pegawai honorer lebih dari sekedar pemberian jaminan kesehatan.

Sementara itu, Plt Kepala BP Jamsostek Cabang Palu, Amrullah mengatakan dengan didaftarkannya honorer sebagai peserta BP Jamsostek merupakan bentuk kehadiran Pemkab Sigi yang memberikan  perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pilihan Redaksi :  Kemenag Ajak Pemuda Bersatu Lawan COVID-19

Pemkab Sigi, lanjutnya, akan bayarkan iuran bukan dari gaji honorer tapi telah dianggarkan APBD, yakni untuk program kecelakaan kerja dan kematian. Jaminan kecelakaan kerja jika pegawai honorer mengalami kecelakaan kerja, maka di cover BP Jamsostek. Sementara jaminan kematian, jika bersangkutan meninggal.

“Jaminan Kematian, kalau meninggal biasa bukan karena kecelakaan kerja akan mendapatkan santunan ahli warisnya Rp40 juta. Tapi kalau meninggal kecelakaan kerja, 48 kali penghasilan,” jelasnya.

Dikatakannya, ini  merupakan sebuah terobosan dari Pemkab Sigi. “Alhamdulillah kami dipercaya. Pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai honorer didaerah lain sudah berjalan. Tapi kalau di Sulteng yang melalui penganggaran kemungkinan baru Sigi, menyusul Kota Palu,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Realisasi Serapan Beras Bulog 71%

SERAHKAN BANTUAN

Pada kesempatan itu, BP Jamsostek secara simbolis menyerahkan bantuan untuk masyarakat Sigi terdampak bencana, berupa 350 paket sembako. Setiap paketnya berisi beras, minyak goreng dan gula pasir, dengan total beras 1.750 kilogram (Kg), minyak goreng 300 Liter dan gula pasir 350 Kg.AJI

Baca Juga