2020, non-ASN Masuk BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
BPJS
Di Rumah Saja

BIROBULI UTARA, MERCUSUAR– Untuk meraih penghargaan Paritrana, diperlukan komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam mendukung penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan sesuai amanah Undang-Undang. Terkait hal itu, Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palu menggelar sosialisasi penghargaan Paritrana penguatan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Provinsi Sulteng di salah satu hotel di Kota Palu, Senin (14/10/2019).

Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Hidayat Lamakarate mengatakan, dengan Rp10.800 dikalikan dengan misalnya jumlah non-ASN (Aparatur Spil Negara), maka Pemda bisalah jika mengeluarkan anggaran Rp30 juta an lebih setiap bulan untuk memastikan seluruh non-ASN terdaftar BPJS Ketenakerjaan.

Untuk itu kata dia, Pemda akan kembali menghitung berapa jumlah yang pastinya, dan jika anggaran pemerintah daerah usai menghitung dengan mengurangi pengeluaran wajib maka paling cepat 2020 non-ASN dapat dilindungi semuanya.

Untuk pekerja non-ASN lainya akan dikordinasikan ke kabupaten/kota, contoh dimana Pemerintah Kota Palu telah mengcaver 5000 pekerja padat karya untuk dilindungi dan 500 an lebih para juru parkir juga sudah terlindungi serta 100 non- ASN di lingkup Dinas Perhubungan Kota Palu juga telah didaftarkan untuk mengikuti dua program yakni Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.

Hidayat menyampaikan, Pemda kabupaten/Kota Sulawesi Tengah sudah memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ke para honorer yang tercatat kurang lebih 3 ribuan orang.

“Akan tetapi upaya untuk mendongkrak jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Sulteng, belum maksimal apabila tidak diikuti komitmen para pelaku usaha untuk mendaftarkan pekerjanya,” jelas dia.

Sementara, Deputi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diwakili oleh Arif Suprapto SP. M.Agr, mengatakn, bahwa dukungan pemerintah daerah sangat penting, salah satunya melalui regulasi, baik berupa peraturan gubernur (pergub) maupun peraturan daerah (perda) dan itu menjadi barometer penilaian Paritrana award.

Diakhir acara penyerahan simbolis santunan BPJSTK untuk kalian Santunan JKM Perusahaan Padat Karya oleh Ahliwaris Bakirmu Lamu anak nama Reza serta untuk  Sryadin Tenaga Kerja RAGA Juru parkirDishub Kota Palu yang diserahkan oleh Sekda provonsI. ABS

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja