Anak Salena Jadi “Dirigen” Musisi Spanyol

0 36

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

ULUJADI, MERCUSUAR- Kelompok musik asal kota Asturias, spanyol yang tergabung dalam Vinculos Orquesta de Camara de Siero (OCAS), melanjutkan tour permainan musik mereka di Kota Palu. Setelah sebelumnya tampil di Uventumbu, kini mereka melanjutkan ke Dusun Salena, tepatnya di lokasi Bukit Paralayang, Kamis (9/8/2018).

Menariknya, ketika tampil di lokasi itu, tiga orang anak Dusun Salena mendapat kesempatan bertindak sebagai konduktor atau dirigen kelompok musik tersebut. Secara bergantian ketiga anak itu yang masing-masing bernama Vikam, Kartini dan Johan memimpin para pemain musik Spanyol itu.

Bak dirigen kondang, setiap gerakan tangan anak-anak itu yang dibantu sepotong kayu itu, dengan patuh diikuti oleh para pemain musik, sembari memainkan alat musik yang penuh keharmonisan. Diawal penampilannya, kelompok musik itu, memainkan instrument satu jenis lagu, kemudian disela-sela penampilan mereka, dengan dibantu salah seorang anggota yang sudah fasih berbahasa Indonesia, konduktor kelompok musik itu meminta salah seorang anak untuk tampil dan bersedia memimpin kelompok musik itu.

Kemudian, aksi memimpin musik itu dilanjutkan ke anak yang berikutnya. Penampilan ketiga anak itu disambut riuh oleh penonton yang hadir menyaksikan kelompok musik itu. Ketiganya dipilih dan diberi kesempatan oleh dirigen dari kelompok musik itu, demi menciptakan kesan lebih menghibur warga yang ada di lokasi itu, khususnya warga Dusun Salena.

Sebelumnya, sebanyak 65 musisi Spanyol yang tergabung dalam kelompok musik Vinculos Orquesta de Camara de Siero (OCAS), siap memeriahkan perhelatan Palu Salonde Percussion (PSP) yang akan dilaksanakan pada 10 hingga 15 Agustus 2018 mendatang.

Kepala Disdikbud Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan, kelompok musisi ini hadir atas undangan Pemerintah Kota Palu, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, untuk mengisi perhelatan Palu Salonde Percussion (PSP) 2018.

Vínculos adalah proyek dari Siero Chamber Orchestra (OCAS). Ini adalah inisiatif kerjasama internasional antara Spanyol (khususnya Asturias) dan berbagai negara di dunia yang mendukung integrasi sosial dan budaya melalui musik, yang mempromosikan dan menyebarluaskan budaya, cara hidup, adat istiadat, tanpa diskriminasi berbeda, ras, agama, dan kelas sosial. AMR

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish