Anas Yalitoba Jabat Sekban Ketahanan Pangan Kementan

  • Whatsapp
Anas Yalitoba 2

JAKARTA, MERCUSUAR – Dr.H.Anas Yalitoba, S,Sos, MM mantan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sigi,  jabat Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI).

Dr.H.Anas Yalitoba, S, Sos, MM, kepada wartawan Mercusuar via handphone, Kamis (25/3/2021), mengungkapkan jabatan itu disandang setelah dirinya dilantik oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, di ruang Pola Gedung A lantai II Kantor Kementan RI, Kamis (25/3).

Berita Terkait

“Semoga dengan jabatan yang baru ini, dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, sehingga sektor pangan bidang pertanian dapat tercapai maksimal, ” jelasnya.

Disebutkan, dia merupakan “Anak Petani” asal Kabupaten Sigi. Setiap jabatan tidak akan berarti, jika dalam kenyataannya sebagai abdi negara tidak mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Pilihan Redaksi :  ACT Sulteng dan Global Zakat  Salurkan Paket Pangan, Lebaran dan Zakat Fitrah di Sulteng

Seorang pejabat bukan untuk berleha-leha, akan tetapi harus bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi), mengingat jabatan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik.

Anas berharap, agar produksi pertanian meningkat dalam posisi maksimal. Dia juga menginginkan agar subsektor pertanian memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan masyarakat indonesia.

Anas menambahkan, kita harus ambil keputusan yang cepat dan jangan kita biarkan orang kelaparan, bekerja disiplin dan fokus. Serta tahu langkah-langkah konkritnya.

“Dalam bekerja, intinya kita harus fokus terhadap tupoksi, melayani dan tidak boleh korupsi,” tandasnya.

Berkarier di Sigi

Sebelum dilantik sebagai Sekretaris Badan (Sekban) Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Dr. H. Anas Yalitoba, S.Sos.,MM, pernah memegang beberapa jabatan di Kabupaten Sigi.

Pilihan Redaksi :  ACT Sulteng dan Global Zakat  Salurkan Paket Pangan, Lebaran dan Zakat Fitrah di Sulteng

Adapun jabatan itu adalah sebagai Sekretaris Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Sigi, Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sigi 2015 – 2016, Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Sigi 2017 – 2018, serta Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sigi 2018 – 2021.

“Jabatan itu merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik, Alhamdulillah saudara, istri, anak-anak dan cucu, selalu mensupport kerja saya selama ini. Tentu ini menjadi penyemangat saya dalam bekerja. Apalagi mereka selalu mendoakan dan memberikan dukungan penuh selama ini,” ujarnya.

Anas pun memberikan kunci kesuksesannya dalam berkarier sebagai ASN hingga mencapai karier menjadi pejabat eselon di Kementerian.

Pilihan Redaksi :  ACT Sulteng dan Global Zakat  Salurkan Paket Pangan, Lebaran dan Zakat Fitrah di Sulteng

 Menurutnya, apapun itu namanya bakti dan santun terhadap kepada orang tua merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan di bidang apapun.

“Selain kerja keras yang penuh keikhlasan, tentu yang utama rajin beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Serta tetap mengedepankan orangtua dan keluarga itu resep untuk kita berhasil,” terangnya.

Jabatan saya akan didedikasikan untuk tanah kelahirannya yakni Kabupaten Sigi, pengabdian tanpa batas ini akan terus saya lakukan untuk Sigi, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Sigi, Wakil Bupati Sigi, Sekkab Sigi, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Sigi, para Kepala OPD, pengurus RAPI Lokal Sigi, Crew Diskominfo Sigi dan semua masyarakat Sigi.AJI

Baca Juga