ASN Harus Mencintai Tugasnya

  • Whatsapp
RUSMAN LANGKE 2
FOTO: Rusman Langke

PALU, MERCUSUAR – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr H Rusman Langke menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Sulteng, untuk dapat mencintai tugasnya.

Menurutnya, jika seorang dapat mencintai tugasnya sebagai ASN, maka setiap pekerjaan yang ditugaskan akan selalu terlaksana dengan baik. Begitupun sebaliknya, jika ASN tidak mencintai pekerjaannya, maka tidak akan terlaksana dengan baik.

Berita Terkait

“Kalau kita sudah kadung jatuh cinta kepada sesuatu, maka hal itu akan kita laksanakan. Kalau kita tidak mencintai tugas kita apapun yang kita hadapi pasti tidak akan terlaksana,” kata Kakanwil, di salah satu kegiatan Madrasah di Palu, Selasa (10/11/2020).

Pilihan Redaksi :  Jumlah Pasien Covid-19 Menurun

Lanjutnya, rasa cinta kepada tugas akan menjadi energi dan motivasi tambahan bagi seorang ASN. Sehingga, di manapun lokasi penugasannya, ASN tersebut tetap siap dan terus memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya.

“Di manapun kita ditempatkan harus siap, karena kita cinta kepada tugas akan mendorong kita untuk siap mengabdi di mana saja,” tegasnya.

Rasa cinta tersebut, kata Kakanwil, merupakan bagian dari lima nilai yang wajib ditanamkan dalam hati seluruh ASN di lingkungan Kemenag, khususnya di Kemenag Sulteng. Selain cinta, nilai lainnya adalah jujur dan amanah, ikhlas, syukur, dan tanggung jawab.

“Salah satu bentuk kejujuran bagi ASN adalah kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, taat pada Hukum dan berbuat selalu pada jalur yang benar. Kemudian Ikhlas dalam melaksanakan tugas, akan mengobati rasa lelah dan membuang beban di hati. Lalu apabila kita bersyukur, maka Allah SWT akan menambah nikmat-Nya untuk kita. Sedangkan tanggung jawab merupakan bentuk perjuangan, niatkan tugas sebagai ibadah,” pungkasnya. IEA

Baca Juga