Ayo Lakukan KTS/VCT

0 156

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TALISE, MERCUSUAR – Salah satu tujuan yang akan dicapai dalan pengendalian HIV AIDS adalah zero new infection (tidak ada infeksi baru HIV). Untuk itu apa yang harus kita lakukan?.

Sekretaris KPAP Sul-Teng dr. Muslimah. L. Gadi. Msi mengatakan, selain sosialisasi informasi dasar HIV AIDS juga penemuan dini HIV agar mereka yang sudah terinfeksi HIV tahu statusnya, sehingga tidak menularkan HIV kepada orang lain dan pasangannya .

Apa manfaat Tes HIV secara dini? Semakin cepat diketahui statusnya positif HIV melalui konseling, diharapkan semakin cepat pula klien dapat merubah perilakunya tidak beresiko,tidak menularkan HIV kepada orang lain (termasuk orang-orang yang tercinta seperti istri/suami,calon anak, dll).

Semakin dini mengetahui statusnya ,maka semakin cepat juga klien meningkatkan/menerapkan pola hidup sehat

Siapa yang berpotensi tertular HIV? yakni mereka yang suka berganti-ganti pasangan seks PSK (Penjajah Seks Komersial dan pelanggannya), penasun (pengguna narkoba suntik), LGBT (Lelaki Seks lelaki, Gay, Bisex, Transgender (Waria)). Mereka inilah yang diharapkan mau melakukan KTS.

Siapa lagi yang berpotensi tertular HIV dan diharapkan melakukan KTS? yakni karyawan/pekerja laki-laki yang bekerja jauh dari keluarga seperti pekerja tambang,perkebunan,pelaut,sopir jarak jauh dan mereka yang ditugaskan beberapa bulan ditempat tertentu (TNI,POLRI, dll).

Dia melanjutkan, bila mereka ini tidak setia pada pasangannya dan melakukan seks dengan pasangan lain maka sangat mudah tertular HIV bila tidak menggunakan pengaman (kondom). Sadarilah  bahwa mencegah adalah lebih baik dari pada mengobatinya, bila HIV positif  langsung diberikan pengobatan.

Ingat!, lanjutnya, Obat ARV (AntiRetroviral) diminum seumur hidup secara teratur agar tetap sehat dan tidak masuk dalam stadium AIDS, sehingga salah satu pengendalian HIV-AIDS adalah mencegah jangan ada yang meninggal karena AIDS dapat dicapai.

“Ayo lakukan KTS (Konseling dan TES Sukarela) atau VCT (Voluntary Conseling Test) bagi mereka yang berperilaku beresiko. Rubahlah pola hidup ke perilaku yang sehat dan Aman,” ajak Muslimah. AMR/*

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish