Bangun Penerangan Jalan, Sigi Kembali Kerjasama PT Solarens

  • Whatsapp
FOTO HLLL PJU SIGI

PJS Bupati Sigi, Sisiliandy Ponulele; Ketua DPRD Sigi, Muh Rizal Intjenai; Sekkab, Muh Basir serta Direktur PT Solarens Ledindo, Irvin Emmanuel Busser usai menandatangani kerjasama pemeliharaan dan peningkatan kualitas PJU di Sigi di Kota Bandung, Jabar, Rabu (4/11/2020). FOTO: DOK HUMAS PEMKAB SIGI

 

Berita Terkait

 

 

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dan PT Solarens Ledindo kembali bekerjasama dalam pemeliharaan dan peningkatan kualitas penerangan jalan umum (PJU) di daerah itu.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama antar kedua belah pihak berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (4/11/2020).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sigi, Sisiliandymengatakan kerjasama tersebut telah dibangun sejak 2018 dan kembali diperpanjang pada 2020.

Sebeb kerjasama itu, Pemkab Sigi sangat merasakan manfaatnya antara lain sarana PJU yang terpasang bisa bertahan lama.

Kemudian, sarana PJU dari PT Solarens Ledindo, katanya, memberikan dampak penghematan penggunaan energi, sehingga pembayaran tagihan listrik tidak terlalu membebani APBD.

“Pemkab Sigi sangat merasakan manfaatnya, terjadi penurunan tagihan listrik yang signifikan dari tahun sebelumny,” kata Sisiliandy di Sigi, Kamis (5/11/2020).

Dikemukakannya, lampu LED yang dipasang Solarens membantu ketahanan energi bagi Sigi selama beberapa tahun ke depan. 

Dia berharap agar PT Solarens Ledindo menambah pemasangan lampu LED untuk PJU di beberapa lokasi di Sigi, agar semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh Basir mengemukakan terdapat efisiensi anggaran Kabupaten Sigi, karena terjadi penurunan tagihan listrik yang signifikan. 
Diuraukannya, dari kerjasama yang dibangun itu terpasang 1.093 lampu LED untuk PJU yang kondisinya hingga saat ini masih berfungsi baik.

“Sejak bulan Februari 2020 tagihan listrik Kabupaten Sigi mengalami surplus,” katanya.
Olehnya itu, Sekkab mendorong beberapa daerah lain melakukan studi banding ke Kabupaten Sigi terkait penggunaan PJU dari PT Solarens, yaitu Pemkot Palu, Pemkab Tolitoli, Pemkab Donggala dan Pemkab Tojo Unauna.

Ketua DPRD Sigi, Moh Rizal Intjenai mengemukakan DPRD Sigi mendukung dengan baik program yang sudah dijalankan oleh Pemkab Sigi.

“Hal ini semata-mata karena sangat terasa manfaat penggunaan lampu LED untuk PJU dari PT Solarens Ledindo bagi Kabupaten Sigi, terutama adanya penghematan anggaran,” sebutnya.

Sebelumnya, Direktur PT Solarens Ledindo, Irvin Emmanuel Busser mengatakan pihaknya siap membantu Pemkab Sigi dalam hal pemeliharaan dan peningkatan kualitas PJU di Sigi dengan teknologi lampu LED.

Ia juga berharap kerjasama yang telah dibangun dapat berlanjut dengan baik hingga beberapa tahun ke depan, karena PT Solarens Ledindo memberikan kualitas dari setiap produk yang diberikan. “Sejak Sigi menggunakan lampu LED dari PT Solarens Ledindo makin banyak pemda di Indonesia yang ingin bekerjasama dengan kami,” katanya. AJI/*

Baca Juga