Berprestasi, Naik Pangkat Luar Biasa

  • Whatsapp
Briptu Akyko Micheel Kapito

Kepolisian Daerah Sulteng kembali menorehkan prestasi di ajang Asian Games XVIII 2018. Lewat anggota Sat Brimob Polda Sulteng, Akyko Micheel Kapito, berhasil meraih medali perunggu dicabang olah raga sepak takraw putri.

Berkat prestasi yang diraihnya, Akyko mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yakni kenaikan pangkat luar biasa. Akyko yang berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) menjadi Brigadir Polisi Satu (Briptu). Sejatinya sesuai peraturan yang berlaku Akyko Micheel Kapito dapat mengusulkan kenaikan pangkat pada tahun 2020, namun penghargaan tertinggi atas prestasinya ia pun naik pangkat lebih cepat.

Berita Terkait

Kenaikan pangkat Briptu Akyko Micheel Kapito tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor : STR/637/HUM.1.1./IX/2018 tanggal 6 September 2018 yang ditanda tangani Karobinkar SSDM Polri Brigjen Pol Eko Indra Heri.

Akyko yang tergabung dalam Datasemen Gegana Sat Brimob Polda Sulteng ini, mendapat sambutan meriah oleh Dansat Brimob Polda Sulteng, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan saat tiba di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Minggu (9/9/2018) pagi. Ia juga mendapat apresiasi dari para Polwan senior di lingkup Polda Sulteng.

Usai disambut dan diberi kalungan bunga, Akyko diarak keliling Palu menggunakan mobil kendali jarak jauh milik Satuan Brimob. Dari balik mobil itu, Akyko berdiri sambil melambaikan tangan menyapa masyarakat.

Dalam daftar prestasinya, Polwan kelahiaran 18 Mei 1995 ini, beberapa kali mewakili Sulteng diajang Nasional dan mengaharumkan nama Indonesia di ajang Internasional. Anak dari pasangan Rony Kapito dan Sartini Gesadombu ini sudah meraih prestasi sejak tahun 2009. Kala itu, ia mengikuti kejurnas PPLP di Kalimantan Barat dan meraih medali perunggu. Ia juga  dipercayakan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau tahun 2012.

Polwan yang hobi nyanyi ini membawa nama Indonesia menyabet medali perunggu di ajang Asian Beach Games 2012 di Haiyang-China. Akyko bukan hanya atlet sepak takraw Sulteng, melainkan tergabung di Tim Nasional (Timnas) Indonesia. IKI

Baca Juga