BI Launching Implementasi QRIS di Polres Palu 

  • Whatsapp
FOTO BI N' POLRES PALU

PALU, MERCUSUAR – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Sulteng me-launching implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di lingkungan Polres Kota Palu di aula Rupatama Polres Palu, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan itu sebagai bentuk transparan dalam pelayanan publik di era 4.0 seiring dengan berkembangnya teknologi, transaksi non tunai berbasis digital yang saat ini sudah menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat. Sebab melalui aplikasi digital masyarakat dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai.

Berita Terkait

Launching implementasi QRIS oleh Kepala Perwakilan BI Sulteng, Abdul Majid Ikram dan Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal SIK MM dengan menerapkan inovasi transaksi non tunai dalam pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Pilihan Redaksi :  Polres Banggai- Pantau Harga Sembako di Pasaran

Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal  mengatakan perkembangan teknologi menjadi perhatian serius Polres Palu, untuk itu pihaknya mendukung menerapkan transaksi berbasis digital dalam melakukan pelayanan publik.

Mengingat masyarakat yang mengantre pada saat pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pengurusan SIM, SKCK, yang cukup padat.

“Untuk mengatasi masalah itu, salah satu inovasi diluncurkan Polres Palu dengan pelayanan publik berbasis digital. Hanya melalui Smarphone masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran PNBP melalui transaksi non tunai,” jelasnya.

Lanjut Kapolres, dengan memanfaatkan aplikasi keuangan, warga yang akan mengurus SIM dan SKCK menggunakan Smartphone dapat membayar secara langsung PNBP, tanpa pengawasan langsung petugas untuk mencegah pungutan pembohong (Pungli) dari oknum Polisi ‘nakal’.

Pilihan Redaksi :  Polres Banggai- Imbau Warga Jauhi Narkoba

“Juga dapat mencegah adanya calo, gratifikasi dan KKN. Prosesnya lebih cepat dan aman. Digitalisasi transaksi tersebut dilaksanakan untuk peningkatan efisiensi dan efektifitas layanan publik, sebagai upaya transparansi Polri di mata masyarakat,” ujarnya.

Kepala BI Perwakilan Sulteng, Abdul Majid Ikram mengapresiasi Kapolres Palu yang sangat mendukung pembayaran digitalisasi, yang tentunya memiliki keutungan untuk meningkatkan transparansi, serta semakin memudahkan masyarakat dan aparat di lingkungan Polres Palu. 

Hal itu juga sejalan dengan upaya BI untuk terus mendorong dan meningkatkan pembayaran digital, apalagi di tengah pandemi saat ini, masyarakat semakin aman untuk membayar secara digital.

“Upaya BI untuk terus mendorong pembayaran digital, dan kami sangat berterimakasih kepada Polres Palu karena sudah ikut mendung upaya pembayaran digital ini di lingkungan Polres,” jelasnya. IKI/RES

Baca Juga