BP3D Sigi Gelar Bimtek

TINGKATKAN MONITORING DAN EVALUASI

0 54

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Sigi menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan sistem monitoring dan evaluasi pembangunan daerah.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi didukung oleh aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi pembangunan yang berbasis internet (web based), hingga memudahkan dan mempercepat proses penilaian dan pelaporan.

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesramas Setdakab Sigi, Andi Ilham, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya,  monitoring dan evaluasi yang telah dilaksanakan dengan formulasi baru, yaitu evaluasi kerja dan kinerja, serta didukung dengan sistem perankingan. Formulasi baru itu diharapkan dapat memberikan dampak yang positif pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sigi.

Sebab sebagai pemacu agar lebih mengoptimalkan sumber daya dan anggaran yang ada di OPD, untuk meraih target dari setiap indikator program dan kegiatan yang telah ditentukan.

“Adapun tujuan bimtek ini adalah melakukan penyempurnaan keselarasan penjabaran kinerja dan realisasi yang ada, memperbaiki dan meningkatkan mekanisme monitoring dan evaluasi, sehingga dapat bermanfaat tidak saja bagi pengendalian, namun bagi perencanaan dan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Selanjutnya, meningkatkan pemahaman dan internalisasi kinerja kepada pimpinan OPD, sehingga mampu untuk meningkatkan penerapan manajemen kinerja organisasi,” jelasnya.

Kasub Pengendalian dan Evaluasi BP3D Sigi, D Bobby RM dalam laporannya mengatakan peserta bimtek berasal dari unsur OPD lingkup Pemkab Sigi, Camat dan delegasi dari setiap kecamatan.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yakni Andi Erwing bersama tim. AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish