BPBD Gelar Apel Peringatan HKB

  • Whatsapp
Di Rumah Saja

BOYAOGE, MERCUSUAR- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu mengelar apel siaga memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) percontohan, di MAN 1 Palu, Kelurahan Boyaoge, Kamis (26/4/2018).

HKB ini dilakukan, sebagai antisipasi perubahan iklim dan cuaca yang memasuki musim penghujan, sekaligus simulasi penangulangan bencana dan penyelamatan diri kepada siswa, apabila terjadi gempa bumi.

Simulasi ini dilaksanakan oleh unsur lintas sektor OPD terkait, seperti BPBD, Basarnas, Dinsos  Tagana, Dinkes, Pol PP, PMI dan Pramuka.

Kepala BPBD Palu, Presly Tampubolon mengatakan, maksud dan tujuan apel siaga bencana ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Palu serta siswa, termasuk sarana dan prasarana pendukung penanggulangan dan operasi kebencanaan yang menunjang kinerja personil.

Kegiatan simulasi ini memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana menghadapi bencana dengan ditandai bunyinya sirene tanda darurat, dengan begitu langkah apa yang mereka lakukan.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan koordinasi yang baik antar personel saat penanggulangan bencana. Sehingga penanggulangan bencana dapat dilakukan secara cepat, efektif dan efisien,” katanya. ABS

 

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja