BPN TOUNA Serahkan Sertifikat Pada Warga

0 74

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOUNA, MERCUSUAR – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) menyerahkan sertifikat pada puluhan warga di Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna, baru-baru ini.

Warga penerima sertifikat itu merupakan mereka yang masuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Penyerahan sertifikat oleh Kepala Kantor BPN Touna, Budiono APtnh MH didampingi sejumlah Kepala Seksi, yaitu  Asep Dedy Warsita ST dan Arkham Safa SsiT, serta dihadiri Lurah Uemalingku, Lurah Malotong, Lurah Dondo, Kepala Desa Pusungi, Bhabinkamtibmas Kelurahan Uemalingku, serta warga penerima sertifikat.

Menurut Budiono bahwa sebelumnya Kantor Pertanahan Touna telah menyerahkan sertifikat wakaf pada Pondok Pesantren Roudatul Mustafa Lilkhairaat.

Manfaat diperoleh dari program PTSL, lanjutnya, adalah warga memiliki bukti sah kepemilikan tanah dan juga terhindari dari konflik sengketa tanah. Selain itu, aset masyarakat berupa tanah dapat dijadikan jaminan ke bank untuk modal usaha.

“Dengan diterimanya sertifikat ini, maka yang bersangkutan telah dinyatakan sah memiliki tanah tersebut. Dengan kepemilikan sertifikat tanah ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum aset tanah masyarakat dan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Budiono di ruang kerjanya.

Dikatakannya, program PTSL akan terus disosialisasikan kepada masyarakat, agar nantinya mereka sadar akan manfaatkan Program PTSL. Sehingga jumlah warga yang memiliki sertifikat kepemilikan tanah diwilayah Kabupaten Touna akan semakin meningkat. “Program PTSL yang digencarkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Touna akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat. Sebab sertifikat yang dimiliki masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa mereka agunkan di bank dan lembaga keuangan lainnya. Ini sudah terbukti bisa menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Touna, karena sertifikat ini bisa menjadi modal mereka untuk memajukan usaha,” jelasnya.

Melihat besarnya manfaat dari PTSL, ia berharap semua kecamatan, desa, RW dan RT untuk membantu percepatan proses persertifikatan tanah warga lewat program PTSL.

Ditambahkannya, terkait penyerahan sertifikat PTSL, pihaknya akan turun langsung ke lapangan menyerahkan sertifikasi pada warga agar tidak membebani masyarakat untuk dating ke kantor. “Saya mengharapkan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tanah bersedia menyampaikan informasi kemudahan dalam mengurus sertifikat tanah secara gratis melalui program PTSL,” harapnya. DEL

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish