BPS Sigi Gelar Pelatihan Petugas Susenas

  • Whatsapp
BPS SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sigi menggelar pelatihan bagi Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2021, di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (23/2/2021). Kasubag Tata Usaha (KTU) BPS Sigi, Abdul Wahab, kepada wartawan Mercusuar via gawai, Selasa (23/2/2021) menjelaskan, pelatihan petugas Susenas diikuti 47 orang, di mana jumlah tersebut dibagi menjadi dua gelombang.

Untuk gelombang I dimulai pada 22-24 Februari 2021, sedangkan gelombang II  mulai pada 25-28 Februari 2021.

Berita Terkait

“Adapun pemateri dalam pelatihan Susenas tersebut adalah Teni Trisnawati sebagai Instruktur Nasional (Innas) Susenas,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  DKPP Sigi Lepas Bibit Ikan di Lindu

Lanjutnya, setelah pelatihan ini berakhir, para peserta diharapkan mampu menguasai tidak hanya aspek teknis, tetapi juga aspek non teknis, misalnya terkait etika komunikasi, dan teknik etika wawancara. Sebagai contoh ketika mendata di perusahaan maupun rumah tangga, tentu saudara harus berpakaian rapi, pantas dan sopan.

Wahab menambahkan, bagaimana kondisi responden yang ditemui, petugas survei harus tetap ramah dan cakap dalam berkomunikasi dengan responden. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada responden setiap selesai menunaikan tugas, hal itu sebagai bentuk penghargaan atas waktu dan upaya yang telah diberikannya.

“Diharapkan saudara tetap fokus, konsentrasi, menyimak materi dengan baik, sambil mencoba mencocokkan kondisi lapangan di daerah tugas saudara nanti, dengan konsep definisi, serta alur kuesioner yang diajarkan,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Satlantas Polres Banggai Gelar Aksi Simpatik

Pelatihan petugas Susenas sendiri bertujuan memberikan Operasional Standar/Standard Operational Procedure (SOP) yang harus dipatuhi oleh pencacah, dalam melaksanakan pencacahan rumah tangga Susenas, pada Maret 2021. AJI

Baca Juga