BRI Bank Pendukung UMKM 2018

  • Whatsapp
2C9B3E60-DC36-474C-B4A3-4AA954BC3585

PALU, MERCUSUAR – Bank Indonesia Perwakilan Sulteng menganugerahkan penghargaan kepada Kantor Cabang BRI Palu sebagai bank pendukung UMKM terbaik 2018. Penghargaan ini diserahkan dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di Hotel Santika Palu, Rabu (19/12/2018).

Hal itu menunjukkan keberadaan BRI sebagai bank yang fokus di bidang pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), dimana 80 persen portofolio bank plat merah ini masih di sektor UMKM.

Berita Terkait

Pemimpin Cabang BRI Palu, Wahib Gunadi menjelaskan penilaian kategori sebagai bank pendukung UMKM dilihat dari aspek pelayanan, baik penghimpunan dana pihak ketiga, maupun penyaluran pinjaman di sektor UMKM. BRI mempunyai penguasaan pasar dan portofolio paling besar dibanding bank lain dengan unit kerja yang tersebar didukung layanan branch-less banking melalui Agen Brilink di wilayah rural atau yang sulit diakses perbankan.

Menurut Wahib, penghargaan ini turut memotivasi pihaknya agar lebih meningkatkan pelayanan kepada nasabah dan debitur UMKM yang jumlahnya puluhan ribu orang. Mereka tersebar di wilayah Palu, Sigi, Donggala, dan Mamuju (Sulbar).

Disinggung tentang kebijakan BRI terhadap debitur terutama pelaku UMKM yang terdampak bencana alam, Wahib mengungkapkan pihaknya saat ini aktif melakukan pemetaan dan melakukan penanganan sesuai ketentuan OJK.  

Selain itu, pihaknya mendorong pelaku UMKM kembali bangkit dengan pemberian jumlah kredit sesuai kapasitas usaha masing-masing debitur. HAI

Baca Juga