Buatkan MCK Bagi Warga Desa Rogo

Relawan Bencana Pasigala

0 12

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR- Para relawan bencana Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), hingga kini masih bertahan menyelesaikan kerja-kerja kemanusian membantu para korban bencana. Seperti yang dilakukan relawan yang merupakan gabungan relawan lokal maupun relawan dari luar Sulteng, tengah merampungkan pembuatan sarana fasilitas umum yakni mandi, cuci, kakus (MCK) bagi warga di Desa Rogo, tepatnya di Dusun IV, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.
Para relawan yang merupakan gabungan dari #Pendaki Indonesia Palu, Gimbal Alas Indonesia, Komunitas Peduli Malang, Galena Rescue, Trupala Jakarta, Tarantula, Multiguna Inti Persada, SAR Surabaya, Vertical Mountrack, dan Forsil Mapala Malang Raya itu, bukan hanya membantu pembuatan MCK, namun juga pembuatan hunian sementara serta jaringan air bersih di desa tersebut.
Salah seorang relawan, Trianko Hermanda yang akrab disapa Slank mengatakan, dia bersama relawan lainnya memutuskan untuk membuat MCK, karena pascabencana masyarakat setempat melakukan buang air besar (BAB) di sungai.
“Setelah kita survei, kebanyakan warga BAB di sungai, sehingga kita berinisiatif membuatkan MCK dan kita berharap ini dapat bermanfaat bagi warga di Dusun IV ini,” ujar Slank.
Sementara, Defri warga setempat mengaku, sangat berterima kasih atas bantuan yang telah dilakukan oleh para relawan, khususnya pembuatan MCK. “Kita memang sudah punya MCK tapi rusak setelah gempa dan akhirnya kebanyakan warga buang air di sungai,” katanya.
Defri berharap dengan keberadaan MCK yang baru itu, seluruh warga mau bersama-sama menjaga sarana umum tersebut dengan baik. “Ini memang harus kita jaga bersama, kita sangat bersyukur atau bantuan MCK ini,” ungkapnya.
Sejak didirikan, dalam dua bulan terakhir ini posko relawan gabungan yang beralamat di Jalan Towua 1, telah membantu para korban bencan di wilayah Kota, Sigi dan Donggala diantaranya bantuan logistik, pakaian layak pakai, peralatan pendidikan serta melaksanakan trauma healing. AMR

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish