Bupati Dinilai Lecehkan DPRD, Fraksi Nasdem Memilih Walk Out di Paripurna

  • Whatsapp
KETUA DPPD PARMOUT KELUAR RUANG SIDANG

PARMOUT, MERCUSUAR – Merasa marwah DPRD Parigi Moutong (Parmout) dilecehkan, Fraksi Nasdem Walk Out atau tinggalkan sidang paripurna dengan agenda laporan Banggar tentang LKPJ Bupati Parmout

“Saya menilai pihak eksekutif tidak menghargai perwakilan rakyat yang ada saat ini. Ketidakhadiran Bupati ataupun Wakil Bupati, membuat kami merasa marwah DPRD Parimo dilecehkan,” ungkap Ketua DPRD Parimo, Sayutin Budianto Tongani, saat meninggalkan ruang sidang DPRD, Jumat 3 Juli 2020.

Pantauan Media ini Ketua DPRD Parmout yang juga merupakan anggota fraksi Nasdem Sayutin pada rapat tersebut memilih walk out dari ruangan Paripurna  yang diikuti satu orang anggota fraksi nasdem Fery Budianto karena keberatan atas ketidak hadiran bupati maupun wakil bupati pada Paripurna tersebut. Walaupun pihak eksekutif sudah mengutus  asisten   Perekonomian dan Pembanguna  dr Revi Tilaar.

Sebelum walk out Ketua DPRD Parmout Sayutin mengatakan bahwa dalam rapat paripurna tersebut semestinya yang hadir bupati atau wakil bupati Parmout. Karena yang akan dibacakan dalam paripurna tersebut merupakan rekomendasi hasil kerja banggar terkait LKPJ bupati tahun 2019.

“semestinya yang hadir kepala pemerintahan bupati atau wakil bupati,karena ini yang dibahas terkait LKPJ,” akunya.

Oleh karena ketidak hadiran bupati  maupun wakil bupati tersebut  sebagai ketua DPRD Parmout menyerahkan palu sidang kepada wakil ketua DPRD untuk melanjutkan sidang dan sebagai anggota fraksi Nasdem pihaknya memilih Walk Out dari ruang sidang.

Sementara itu ketua fraksi PDI Perjuangan Alfrets Tonggiro mengatakan bahwa bahwa Parpurna tetap dilanjutkan,kecuali kata dia yang membacakan LKPJ bukan bupati maupun wakil bupati karena sudah diatur dalam peraturan pemerintah no 3 tahun 2007 .

Akan tetapi  ini hanya Paripurna terkait laporan hasil kinerja Banggar atas LKPJ Bupati tahun 2019,jadi diperbolehkan untuk mengutus salah seorang pejabatnya. Hal senada juga diungkapkan oleh fraksi Toraranga Lely Pariani. Menurutnya Parpurna tetap dilanjutkan karena  masih ada enam fraksi lagi sehingga Paripurna tetap dilanjutkan.

Sementara itu Paripurna dipimpin oleh wakil ketua DPRD Faisan Badja tetap dilanjutkan dan dihadiri oleh wakil Bupati Parmout Badrun Nggai.TIA

Baca Juga