Bupati Lantik Plt Kades Tomata

  • Whatsapp
KOMITMEN

MORUT, MERCUSUAR- Bupati Morowali Utara Ir Aptripel Tumimomor MT melantik puluhan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Kecamatan Mori Atas dan pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa Tomata, akhir pekan kemarin.

Bupati mengatakan Plt Kades Tomata setelah diangkat dapat menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain itu, Plt Kades Tomata juga bertugas mengawal pelaksanaan pemilihan kepala desa. Sebagaimana masa jabatan penjabat kepala desa, yaitu sampai ditetapkannya kades definitif.

Bupati mengatakan Wewenang Penjabat Kades juga dapat memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa, memegang kekuasaan pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, menetapkan Peraturan Desa, menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, serta membina kehidupan masyarakat desa. Selain itu, membina ketenteraman dan ketertiban masyarakat desa, membina dan meningkatkan perekonomian desa serta mengintegrasikannya agar mencapai perekonomian skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat desa.

Pilihan Redaksi :  Kejari Poso Pelajari Dugaan Proyek Fiktif di Katu

Bupati juga menyampaikan Plt Kepala Desa dapat mengembangkan sumber pendapatan desa, mengusulkan dan menerima pelimpahan sebagian kekayaan negara guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat desa, memanfaatkan teknologi tepat guna, mengoordinasikan Pembangunan Desa secara partisipatif, mewakili desa di dalam dan di luar pengadilan atau menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan undang-undang dan melaksanakan wewenang lain yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Saya harapkan penjabat yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta menjalankan tugas dengan penuh amanah dan tanggung jawab” pintanya. VAN

Baca Juga