Bupati Paparkan Kondisi Pariwisata Sigi di Kemendes 

  • Whatsapp
BUPATI SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, memaparkan gambaran pariwisata Kabupaten Sigi secara umum, terutama kondisi terkini kawasan wisata tersebut pascabencana, kepada Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Samsul Widodo. Kepariwisataan di Kabupaten Sigi kata dia, perlu dikembangkan untuk mendorong kondisi sosial ekonomi masyarakat kecil, di sekitar daerah wisata.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sigi, saat menghadiri undangan audiensi dan diskusi pengembangan Pariwisata di Kabupaten Sigi, bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) PDTT,  Rabu (12/2/2020).

Kata dia, Pemkab Sigi menganggap adanya perubahan minat wisatawan terhadap destinasi wisata, yaitu wisata Back To Nature, yang menawarkan interaksi dengan masyarakat lokal dan wisata pedesaan. Dirinya menyadari,Kabupaten Sigi yang sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan dan bukit, tentu sejalan dengan perubahan minat wisatawan tersebut.

“Kawasan wisata yang diusulkan untuk dikembangkan yaitu Bukit Satu Pohon Desa Sibedi Kecamatan Marawola, Air Terjun Wera Kecamatan Dolo Barat, Desa Adat Ngata Toro Kecamatan Kulawi dan Paralayang Wayu Kecamatan Marawola Barat,” jelas Bupati.

Sementara itu, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Samsul Widodo, mengapresiasi dengan baik usulan pengembangan wisata dari Pemkab Sigi, terutama inovasi-inovasi yang sejauh ini telah dilaksanakan. Hal ini mengingat kondisi Kabupaten Sigi yang sempat luluh lantak akibat bencana tahun 2018 lalu.

Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal dalam kesempatannya, memberikan saran untuk Pemkab Sigi terkait pengembangan wisata agar lebih dikenal dunia luar, salah satunya promosi wisata Kabupaten Sigi melalui media sosial.

Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat saat ini, tentu suatu daerah perlu menyesuaikan dengan perkembangan yang dimaksud. Sasaran-sasaran yang perlu diperhatikan Pemkab Sigi dalam pengembangan wisata adalah kaum milenial yang sedang mencari lokasi wisata bertemakan pemandangan alam.

Mengingat kaum milenial saat ini merupakan pasar potensial dalam memenuhi konten dan destinasi wisata. Melalui Kemendes PDTT RI, Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal menambahkan akan membantu pengembangan pariwisata di Kabupaten Sigi, baik itu melalui saran-saran konstruktif, maupun pemberian anggaran, untuk menarik wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang disediakan Kabupaten Sigi. AJI/*

Baca Juga