Bupati: Safari Ramadan Sebagai Wadah Dakwah

0 16

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Safari Ramadan merupakan bagian dari kegiatan silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, serta sebagai wadah dakwah yang diharapkan dapat memberikan pengajaran dan pemahaman khususnya terkait toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian dikatakan, Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta saat buka puasa bersama dirangkaikan dengan pelepasan tim Safari Ramadan Kabupaten Sigi di kediaman Bupati Sigi di Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi, Biromaru, Minggu (19/5/2019).

Ditegaskannya, kerukunan antar umat beragama harus ditingkatkan. Kerukunan itu terbagi dalam beberapa kategori, seperti kerukunan antar sesama Muslim, antara Islam dan non Islam, serta kerukunan antara Islam dan pemerintah.  

Penduduk Sigi terdiri dari beberapa agama, kata Bupati, seperti Islam, Kristen, Hindu dan Budha. Olehnya itu, agar kerukunan tetap utuh maka silaturahmi perlu dilaksanakan di setiap kecamatan.

Kasubag Pembinaan Mental dan Spiritual Bagian Kesramas Kabupaten Sigi, Muhaimin dalam laporannya mengatakan dai tim Safari Ramadan Kabupaten Sigi berjumlah 13 orang.

Ke 13 dai tersebut akan berceramah di 10 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi. Ke 10 Kecamatan yang menjadi sasaran tim Safari Ramadan, meliputi Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo, Tanambulava, Gumbasa, Palolo, Nokilalaki, Dolo Barat, Dolo Selatan, Marawola dan Kecamatan Kinovaro.

Sementara lima kecamatan yang tidak disinggahi tim Safari Ramadan adalah Kecamatan Kulawi, Lindu, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Marawola Barat.

Untuk Kecamatan Kulawi, Lindu, Kulawi Selatan dan Kecamatan Pipikoro karena akses jalan ke wilayah itu masih terputus, sedangkan Kecamatan Marawola Barat mengingat masyarakatnya mayoritas beragama Kristen.AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish