Bupati Sigi Resmikan Sejumlah Fasilitas

119

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Kantewu II, Kecamatan Pipikoro, Senin (2/4/2018).

Pada kunjungan itu, Bupati meresmikan sejumlah fasilitas, yakni jalan usaha tani, jalan pemukiman desa, plat deker dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), serta 39 unit rumah layak. Fasilitas umum dan rumah layak huni tersebut pembangunannya menggunakan anggaran yang berasal dari   Dana Desa (DD) dan Pemkab Sigi.

Kedatangan Bupati bersama rombongan yang disambut secara adat oleh warga itu, juga melakukan penanaman kedelai di lahan Padakama. Dimana di lahan itu nantinya juga akan ditanami bawang merah dan bawang putih.

Pada pertemuan dengan warga di Gereja Bala Keselamatan (BK) Korps Kantewu II, Bupati menjelaskan bahwa Pemkab Sigi memiliki tiga program inovasi, yakni Sigi Religi, Sigi Masagena dan Sigi Hijau.

Program Sigi Religi terkait keagamaan, dimana program itu pemkab akan memberikan bantuan dana bagi kegiatan kerohanian yang ditujukan untuk peningkatan iman, baik Muslim maupun Kristen. Selain itu, memberikan paket umroh untuk imam dan pegawai sara, serta perjalanan ibadah suci untuk pimpinan gereja.

Program Sigi Hijau, ia berpesan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan sumberdaya alam, menjaga kebersihan lingkungan, serta menjaga kelestariannya.

Sementara Program Sigi Masagena, kata Bupati, berkaitan dengan perekonomian. Pada program itu, Pemkab Sigi berupaya meningkatkan sumberdaya manusia diantaranya dengan mengikutkan masyarakat pada pelatihan di Malindo. Selain itu, memberikan beasiswa kepada masyarakat sesuai kriteria yang telah ditentukan perguruan tinggi baik negeri atau swasta di Kota Palu, untuk jurusan pendidikan dan kesehatan, serta jurusan pertanian khusus budidaya bawang putih guna menindaklanjuti program pertanian dan perkebunan di Pipikiro khususnya Desa Kantewu II.

“Dengan program ini diharapkan, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik. Untuk warga Pikpikoro, setelah selesai menempuh pendidikan agar dapat kembali kedaerahnya untuk membaktikan diri kepada masyarakat menjadi tenaga pendidik, tenaga kesehatan maupun penyuluh,” imbau Bupati.AJI

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar dinonaktifkan