Data Kependudukan- Sigi akan Lakukan Pemutahiran

  • Whatsapp
FOTO PEMUTAHIRAN DATA SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi akan melakukan pemutahiran data kependudukan. Kegiatan tersebut dilakukan secara bersama-sama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Camat dan Kepala Desa (Kades).

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta, saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) pemutahiran data kependudukan di Sigi di Aula Kantor Bupati Sigi Sementara, Senin (26/4/2021).    

Berita Terkait

Dikatakannya, setiap bulannya Camat dan Kades harus melaksanakan rakor untuk pemutahiran data kependudukan di wilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan sebelum dilaporkan di tingkat kabupaten setiap tiga bulan sekali.

Pilihan Redaksi :  PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu- Sidangkan 34 Perkara Tipikor

“Saya minta pemutahiran data kependudukan di Sigi harus selesai dalam kurun waktu satu tahun,” tandas Bupati pada kegiatan yang turut dihadiri antara lain Kepala Disdukcapil, Pasobongan Kumila; Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Hajar Modjo; Ketua KPU, Hairil, Ketua Bawaslu, Steny Marini Pettalolo; Camat dan Kepala UPTD Dukcapil.

Dalam penguatan dan pemutahiran data kependudukan, lanjutnya, dolakukan secara terstruktur dan sistematis, mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten.

Dalam pemutahiran data kependudukan tersebut, Camat menjadi ujung tombak untuk memvalidasi data.

“Diharapkan desa dapat melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) yang dikoordinir oleh Camat,” katanya.

Bagi desa yang belum melaksanakan musdes, sambungnya, akan diberikan sanksi berupa penundaan pembahasan APBDesa. “Dalam musdes membahas terkait data, validasi data untuk orang meninggal dan orang keluar dan masuk Sigi,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Idulfitri 1442 H di Kolakola- Sekkab Donggala Jadi Khatib

Bupati juga berharap keinginan Pemerintah Pusat melalui KPU Pusat lalu agar ditindaklanjuti, minimal data itu bisa seimbang dan berjalan dengan baik sehingga yang diinginkan dapat tercapai.

“Rakor pemutahiran data kependudukan merupakan tindak lanjut dari rapat yang dilaksanakan di KPU beberapa hari yang lalu. Saya berharap dengan rakor tersebut keinginan Pemerintah Pusat melalui KPU Pusat, agar bisa kita tindaklanjuti minimal data ini seimbang dan berjalan baik,” tandasnya. AJI

Baca Juga