Debat Kandidat Putaran II, Tiga Paslon Tawarkan Langkah Stategis Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
DEBAT
DEBAT - KPU Kabupaten Banggai menggelar debat kandidat terbuka putaran II Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020, Minggu (22/11/2020).

BANGGAI, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai menggelar debat kandidat terbuka putaran II Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020, Minggu (22/11/2020). Dalam debat kali ini tiga pasangan calon (Paslon) menawarkan berbagai Langkah-langkah stategis dalam menangani pandemi covid-19 di kabupaten Banggai.

Paslon nomor urut 2 Amirudin – Furqanuddin yang diberi kesempatan pertama menjawab pertanyaan dari tim pakar terkait pandemi covid-19 di kabupaten Banggai menawarkan langkah strategi dengan menjadikan masyarakat sebagai garda terdepan mencegahan covid-19.

Berita Terkait

Amirudin mengatakan, pandemi covid-19 merupakan wabah yang mematikan sehingga dibutuhkan Langkah pencegahan dengan melakukan edukasi kepada masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai garda terdepan.

“Kalau kami terpilih memimpin Banggai, kami akan mengundang para ulama, kya dan pendeta untuk memberikan edukasi bahwa covid-19 sangat berbahaya dan tidak terlihat, sehingga perlu memperbaiki iman dan taqwa sehingga masyarakat bisa terhindar,” kata Amirudin.

Selanjutnya kata dia, memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan cara menghimbau agar menjaga diri dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan seperti selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Masyarakat kata dia, harus mengetahui tentang covid-19 sehingga bisa menghidari hal-hal yang dapat menyebabkan mereka terjangkit.

“Masyarakat juga harus memperbaiki imun dengan cara makan makana bergizi, olahraga, dan bergembira. Dengan car aini mereka yang sudah terkena covid-19 tidak akan stress,” ujarnya.

Selain itu lanjut dia, kelompok masyarakat yang rentan seperti orang lanjut usia dan memiliki penyakit bawaan harus tetap waspada

“kami akan berusaha menyampaikan seluas-luasnya kepada masyarakat bagaimana cara menghindari covid-19,” tutup Amirudin.

Pasangan calon nomor urut 1 H Sulianti Murad – Zainal Abidin Ali Hamu menawarkan Langkah percepatan pencegahan dan penanggulangan covid-19. Zainal Abidin mengatakan, masyarakat yang merasakan langsung dampak dari covid-19 akan didata. Selanjutnya akses jalan sehingga bia terbuka dan mempermudah masyarakat untuk berbuat untuk peningkatan perekonomina ditengah pandemic.

Paslon nomor urut 3 Herwin Yatim – Mustar Labolo menawarkan strategi penanganan covid-19 dengan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk memperkuat perekonomian mereka. Seperti bantuan PKH, BLT, maupun bantuan sosial lainnya.

“Kita harus memberikan bantuan kepada masyarakat ditengah pandemi dan melakukan koordinasi dengan kementrian maupun presiden. Bila perlu ditingkatkanbantuannya,” kata Herwin Yatim.TIN/RES

Baca Juga