Dekab Klaim Bersinergi dengan Pemkab Bangkep

  • Whatsapp
Rusdin Sinaling
Di Rumah Saja

BANGKEP, MERCUSUAR – DPRD Kabupaten (Dekab) Banggai Kepulauan (Bangkep) mengklaim bersinergi dan menjalin komunikas yang baik dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam hal ini Bupati, terkait pencegahan Virus Corona atau COVID-19 di daerah itu.

Hal tersebut dikatakan KIetua Dekab Bangkep, Rusdin Sinaling saat ditemuid di ruangannya, Kamis (1/4/2020).

Menurutnya, setelah mendengarkan informasi pendemi COVID-19, pihaknya mendesak Bupati Bangkep untuk segera melakukan rapat dengan Forkopinda serta semua pimpinan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Bangkep, untuk langkah pencegahan. 

“Saat itu juga kami mendesak Bupati agar membentuk Satgas (satuan tugas). Dengan gerak cepat satgas tersebut sudah terbentuk dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rusli Moidady,” sebut Rusdin.

Secara teknis, katanya, satgas sudah bekerja dengan baik dalam upaya pencegahan COVID-19 melalui Dinas Kesehatan dan BNPB Bangkep.

Dekab, lanjutnya, setelah keluar Permendagri tertanggal 20 Maret 2020 selalu menyesuaikan perkembangan dari regulasi kebijakan Pemerintah Pusat bersinergi  dengan Pemkab Bangkep untuk menindaklanjut agar penyebaran COVID-19 tidak sampai ke Bangkep.

Dalam surat itu, urai Rusdin, setiap daerah diminta untuk menindaklanjuti percepatan penangan COVID-19, sehingga langsung diambil alih Bupati Bangkep, H Rais D Adam. Olehnya, secara teknis Pemkab Bangkep yang berperan, namun dekab merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari fungsi-fungsi itu, karena melekat di dekab. “Jadi mengenai pencegahan covid 19 ini DPRD Bangkep tidak bisa melepaskan diri dan harus solit dengan pemkab,” tuturnya.

Untuk anggaran pencegahan COVID-19, ia mengaku belum ada penyampaian dari Bupati Bangkep, hingga dekab sampai saat ini tetap menunggunya.

Pada kesempatan itu, ia pada seluruh anggota Dekab Bangkep agar melaksanakan tugas dan dan tanggungjawab, mengingat saat ini sedang dalan darurat dan fokus upaya mencegah dan menangani COVID-19. “DPRD harus merubah semua rencana yang sudah diagendakan untuk menyesuaikan dengan penangan Virus Corona, dan bersinergi dengan OPD-OPD terkait.

Selain itu, siap membantu masyarakat dalam bentuk sembako, karena harga sembako di Bangkep sudah melambung tinggi. “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Bangkep jangan panik dan di rumah saja. Pemkab Bangkep dan Dekab telah siap memberikan bantuan apabila kondisi nantinya genting. Jaga jarak, jauhkan kerumunan orang banyak,pakai masker dan selalu cuci tangan,” imbaunya Rusdin. PAR

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja