Dinkes Sigi dan Kecamatan Kolaborasi

TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN

0 8

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menuju Kabupaten Sigi sehat, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi harus melakukan kolaborasi dengan pemerintah kecamatan.

Demikian dikatakan Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta saat membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) Kesehatan Daerah (Kesda) tingkat Kabupaten Sigi Tahun 2019,  di Swiss Bellhotel Palu, (12/04/2019).

Hal tersebut, lanjut Bupati, sesuai tema Raker Kesda ‘Kolaborasi Kabupaten dan Kecamatan Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Menuju Kabupaten Sigi Sehat’.

Olehnya melalui Raker Kesda itu dapat menyamakan persepsi antara Dinkes dan Pemerintah Kecamatan/Puskesmas, serta unsur terkait dalam memberikan masukan yang komprehensif dalam upaya perencanaan, penguatan rencana aksi daerah bidang kesehatan, pelaksanaan inovasi daerah, serta solusi terhadap permasalahan dibidang kesehatan.

“Semoga melalui kegiatan ini harapan kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sigi dapat terwujud,” tutur Bupati.

Menurut Bupati, pembangunan kesehatan di Sigi setiap tahun mengalami perkembangan, walaupun dibeberapa sisi masih terdapat permasalahan.

Tahun 2019 sebagaimana program prioritas nasional dan menjadi isu strategis, yakni penurunan angka kematian ibu dan angka kematian neonatal, penurunan angka stunting, penanganan penyakit tidak menular, tuberkulosis (tb paru) dan imunisasi. Hal tersebut sejalan dengan prioritas pembangunan daerah, yakni mewujudkan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat yang terjangkau dan berkualitas dengan sasaran strategis peningkatan ketersediaan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang bermutu bagi seluruh masyarakat.

Plt Kepala Dinkes Sigi, Roland Franklin mengatakan raket itu sebagai upaya menyebarluaskan isu-isu strategis yang diangkat dan menjadi target program nasional dibidang kesehatan.

“Hal ini diharapkan menjadi awal sinergitas, baik ditingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan sampai ke desa,” katanya. AJI   

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish