Dinkes Sigi – Gencar Sosialisasi Germas

  • Whatsapp
Rika F Sakarudin

Rika F Sakarudin

 

Berita Terkait

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar menyosialisasikan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) kepada masyarakat melalui puskesmas di wilayahnya masing-masing.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinkes Sigi, dr Rika F Sakarudin kepada wartawan Mercusuar via handphone, Selasa (3/11/2020).

Dijelaskannya, Germas merupakan Program Indonesia Sehat. Jika masyarakat hidup sehat, Indonesia akan menjadi kuat.

Apalagi, katanya, saat ini kondisi pandemi COVID-19, sehingga masyarakat perlu hidup sehat dan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam beraktifitas.

Pilihan Redaksi :  Februari Vaksinasi Covid-19 di Parmout

“Pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi untuk hidup sehat. Oleh sebab itu, untuk mencegah suatu penyakit diperlukan gerakan untuk mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat,” jelasnya.

Wilayah Sigi yang luas dan medan yang sulit, kata Rika, menyebabkan informasi Germas kepada seluruh masyarakat belum maksimal. Olehnya itu, petugas kesehatan yang ada di puskesmas dapat menyampaikan Program Germas tersebut pada masyarakat di 176 desa yang ada 16 kecamatan.  

“Saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19, sehingga untuk mencegah penyebarannya harus dilakukan dengan melakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” imbaunya. AJI

Baca Juga