Dinkes Touna Fokus Tekan AKI dan AKB

  • Whatsapp

AMPANA,MERCUSUAR – Dalam menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), Pemkab Tojo Unauna (Touna) melalui Dinas Kesehatan melakukan antisipasi agar angka ini menjadi nol.

“Kita juga memberikan sanksi kepada bidan yang terindikasi lalai dalam tugas menangani kejadian di tempat kerja masing-masing,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Touna ,Javanet Alfari.

Berita Terkait

Sanksi itu kata dia, diantaranya gaji berkala selama dua bulan kami akan ditahan, dan hal iti sudah menjadi komitmen. “Bupati dan wakil juga sudah memberi lampu hijau dengan kebijakan ini, karena Dinas tetap melakukan pemeriksaan dulu sebelum menjatuhkan hukuman,” jelasnya.

Selain bidan ASN, dia juga mengingatkan kepada bidan yang masih tenaga kontrak agar sigap dalam melayani. “Yang masih kontrak juga dievaluasi. Kalau malas dalam tugas, untuk apa dipakai,” tegasnya.

Kasus AKI di Touna, dari tahun ke tahun terus menurun. Tahun 2016, ibu meninggal saat melahirkan sebanyak 16 orang. Namun menurun drastis di tahun 2017, dimana sisa 4 ibu. Tahun ini, terhitung sejak Januari-Maret, sudah 2 kasus yang terjadi. Javanet berharap, semoga itu yang terakhir selama tahun ini. DEL

Baca Juga