Disnakertrans dan BBPLK Medan – Latih Tenaga Perhotelan

  • Whatsapp
ARNOLD FIRDAUS 2

PALU, MERCUSUAR – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng, Arnold Firdaus Bandu mengungkapkan pihaknya saat ini sedang bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, untuk melatih sejumlah karyawan perhotelan di Sulteng.

“Kami sekarang bekerja sama dengan pihak Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Medan, (yang dianggarkan) melalui APBN, Alhamdulillah kita kerja sama bisa melatih tenaga kerja perhotelan,” katanya, Senin (26/10/2020).

Berita Terkait

Diuraikannya, pelatihan tersebut dilakukan masing-masing di bidang housekeeping bagi karyawan beberapa hotel di Kota Palu dan bidang resepsionis untuk hotel-hotel di beberapa daerah, yakni Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Poso.

Pelatihan bidang housekeeping telah dilaksanakan pada Juli 2020 lalu, sedangkan pelatihan resepsionis berlangsung bulan Oktober 2020.

“Pelatihannya secara virtual. Mereka juga diberikan uang saku sebesar Rp500 ribu per bulan selama dua bulan,” ujar Arnold.

Dipilihnya BBPLK Medan untuk bekerja sama dalam pelatihan tersebut, lanjut Arnold, karena BBPLK Medan merupakan spesialisasi di bidang pariwisata.

Dia berharap melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan teknis dan kompetensi para tenaga kerja perhotelan, utamanya dari dua bidang kemampuan yang dilatih.

“Kerja sama dengan BBPLK Medan karena mereka spesialis di bidang pariwisata. Insyaallah tahun depan berlanjut lagi,” tandasnya. IEA

Baca Juga