Dispar Sigi Latih Pemandu Wisata Alam Paralayang Sigi

  • Whatsapp
Dinas Pariwisata Sigi

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Pariwisata Sigi menggelar pelatihan bagi pemandu wisata alam paralayang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 5-7 Agustus 2020, dan diikuti 40 orang peserta.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Sigi, Diah Agustiningsih Entoh, kepada wartawan media ini, usai pembukaan pelatihan pemandu wisata alam paralayang Kabupaten Sigi, di Bukit Indah Doda, Kecamatan Kinovaro, Rabu (5/8/2020).

Dijelaskan, kegiatan dengan tujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan untuk pemandu wisata alam paralayang. Jadi bukan hanya destinasinya yang dipersiapkan, akan tetapi SDM-nya juga harus disiapkan.

Adapun materi dalam pelatihan tersebut meliputi; Bahasa Inggris, serta kebijakan pengembangan pariwisata di Sigi. Kata dia, para peserta harus tahu lebih dahulu secara luas dan apa yang akan di kembangkan di Sigi, serta promosi pariwisata secara digital.   

Anggaran pelatihan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dari Kementerian Pariwisata. Untuk narasumber dari akademisi, praktisi olahraga paralayang dan Dinas Pariwisata Sigi.

Pilihan Redaksi :  Sahabat Mesjid Salurkan Bantuan di Rogo

Kegiatan pelatihan pemandu wisata alam paralayang Sigi dibuka Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sigi Iskandar Nongtji, dan dihadiri oleh Anggota DPRD Sigi A Rangan, Kadis Pariwisata Sulteng, I Nyoman Sriyadi Jaya, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta praktisi olahraga paralayang. 

Peserta pelatihan berjumlah 40 orang, dari jumlah tersebut akan di-rangking lagi dan diambil lima orang yang terbaik. Selanjutnya, peserta yang terpilih akan dilatih kembali selama satu bulan kedepan, untuk memdapatkan sertifikat pemandu wisata alam paralayang profesional.    

Diharapkan, Sigi menjadi tujuan wisata orang Sigi dan Kota Palu, lebih tepatnya tempat liburannya orang Palu dan sekitarnya. AJI 

Baca Juga