Dosen Diminta Aktif Penelitian dan Menulis Artikel Ilmiah

74

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TONDO, MERCUSUAR – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Muh Basir, SE, MS, mendorong para dosen untuk aktif melakukan penelitian dan menulis artikel ilmiah, berdasarkan disiplin ilmunya masing-masing. Hal ini kata dia, dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Untad dan kualitas SDM dosen yang bersangkutan.

Hal ini disampaikan Prof Basir, usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Untad dan BNI, terkait Kredit Dana Penelitian Dosen, Selasa (24/4/2018), bertempat di Theatre Room, Gedung IT Center Untad. Dirinya menyayangkan, kurangnya proposal penelitian yang dikirim oleh dosen Untad ke pihak-pihak terkait, khususnya ke kementerian, padahal jumlah dosen Untad mencapai ratusan orang.

“Sangat disayangkan, setiap tahun hanya sedikit dosen kita yang mengirim proposal penelitian, mungkin jumlahnya tidak lebih banyak daripada kapasitas Theatre Room ini,” ujar Prof Basir diselingi tawa.

Prof Basir juga menekankan agar para dosen di Untad lebih aktif menulis artikel ilmiah di jurnal, baik yang berakreditasi nasional maupun internasional, terutama bagi dosen yang telah menyandang predikat doktor dan guru besar.

“Saya telah mencoba memulai untuk memotivasi para dosen di Untad, dengan dua artikel ilmiah saya yang diterbitkan di Jurnal berakreditasi internasional, di tengah kesibukan saya sehari-hari. Jadi, kalau alasan para dosen jarang menulis artikel ilmiah karena faktor kesibukan, itu tidak bisa dijadikan alasan,” ujarnya. JEF

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar dinonaktifkan