Dosen Fkm Untad Raih Wisudawan Terbaik Unhas

  • Whatsapp
Dr. RYMAN

Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes

 

Berita Terkait

MERCUSUAR- Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako, Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes. meraih dua prestasi sekaligus, yakni sebagai wisudawan terbaik tingkat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) dan wisudawan terbaik di Universitas Hasanuddin dengan IPK 3,99 dan predikat Cumlaude dengan masa studi 2 tahun, 4 bulan.

“Puji syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT. Prestasi ini saya persembahkan kepada keluarga besar, Promotor, Co Promotor, dan Tim Penguji saya di FKM Unhas. Serta tentunya kepada Rektor Unhas, Wakil Rektor, Direktur Akademik, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi S3, serta seluruh Dosen, Staf, dan seluruh sahabat yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Juga tentunya kepada seluruh Pimpinan dan Civitas Akademika Universitas Tadulako. Semoga kita semua selalu berada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT,” ujar Dr. Ryman kepada Mercusuar belum lama ini.

Pilihan Redaksi :  Mahasiswa FKM Untad  Lulus Program Kampus Mengajar Kemendikbud Ristek

Dr. Ryman yang juga merupakan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Bencana FKM Untad adalah pria kelahiran Kendari Sulawesi Tenggara  9 Desember 198,  anak sulung dari Ir. Rahman Napirah, MM. dan Juhuria, S.Pd. Meski rumah tangganya telah  retak pasca bercerai dengan istrinya, namun Ryman mengaku menjalani hari-harinya dengan santai. “Saat ini  mau tak mau, suka tak suka saya harus membawa kehidupan dalam diri ini dengan santai. Menikmati karunia  sehat dari sang pencipta Allah SWT  menjadi bahagia yang tak terukur,” ujar Ryman.

Pria yang memiliki dua putri yakni, Ryani Zulhijjah Adha Napirah dan Raihana Zakyah Napirah ini  merupakan kakak tertua dari Sitti Riandini Zulvita Napirah, S.Ag., Sitti Rafnadilah Sekar Cantika Napirah, dan Sitti Ratmalia Pratiwi Shari Napirah, A.Md.Kep.

Pilihan Redaksi :  Mahasiswa FKM Untad  Lulus Program Kampus Mengajar Kemendikbud Ristek

Dr. Ryman yang juga merupakan Sekretaris Inter Club Indonesia (ICI) Regional Palu merupakan seorang akademisi sukses. Tamat di SD Negeri 5 Mandonga Kendari tahun 1999, SMP Negeri 9 Kendari tahun 2002, SMA Negeri 4 Kendari tahun 2005, S1 FKM Universitas Halu Oleo Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan tahun 2009, S2 FKM Universitas Hasanuddin Peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan tahun 2012, dan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Universitas Hasanuddin tahun 2020. Dr. Ryman selalu meraih prestasi juara pertama semasa sekolahnya dan wisudawan terbaik (IPK tertinggi) saat S1 hingga S3.

Berkecimpung di organisasi sekolah mulai dari OSIS menjadi bagian tak terpisahkan dalam diri Dr. Ryman, bahkan pernah menjadi pengurus di HMPS, BEM, HAC, LSM PIKHAS, PIK-KRR, IAKMUH, Forum Wacana Kesmas, HIPMA, dan IAKMI Sultra.

Pilihan Redaksi :  Mahasiswa FKM Untad  Lulus Program Kampus Mengajar Kemendikbud Ristek

Dr. Ryman yang juga merupakan Ketua Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Provinsi Sulawesi Tengah, mengakui pernah menjadi Dosen Tidak Tetap di FKM Universitas Halu Oleo, STIK Avicenna Kendari, STIK Indonesia Jaya Palu, dan Akademi Farmasi Tadulako Farma Palu. Saat menjadi Dosen di Universitas Tadulako sejak 2012 , Dr. Ryman pernah menjabat sebagai Pengurus Badan Konseling Mahasiswa FKIK Untad, Ketua Gugus Mutu Prodi Kesmas, Ketua Pengelola Kelas Non Reguler Prodi Kesmas, dan Koordinator Prodi Kesmas. Hingga saat ini beliau juga masih aktif sebagai Pengurus Pusat PERSAKMI dan Pengurus Satgas Covid-19 Untad.

“Saya berharap ke depannya dapat berkarya lebih banyak lagi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Serta tentunya Insya Allah saya berusaha untuk dapat berkontribusi terhadap kemajuan institusi dan daerah”, tutupnya. CLG

Ponpes Gratis Kualitas Fantastis

Baca Juga