DPMD Touna Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan BPD

0 165

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOUNA, MERCUSUAR – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang berlangsung di Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Touna, belum lama ini.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Touna Mohammad Lahay, didampingi Kepada Dinas PMD Touna, Hasan Lasiata, Danramil Ampana Tete, Camat Ampana Tete, Kapolsek Ampana Tete serta kepala desa dan perangkat desa.

Bupati Touna mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan Ampana Tete dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek ini.

“Kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Aparatur Desa dan Badan Permusyawaratan Desa. Bimtek ini juga berguna untuk membuka wawasan, membangun kesepahaman, serta meningkatkan kompetensi aparat, dalam menyelenggarakan pembangunan desa,” kata Bupati Touna.

Menurutnya, dengan adanya Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, memposisikan desa bukan lagi sebagai obyek sasaran pembangunan, tetapi harus sebagai subyek, yang berperan aktif sebagai motor penggerak pembangunan.

“Di samping itu, desa juga tidak hanya menjadi lokus pembangunan, tetapi juga sebagai perancang pembangunan, yang sesuai dengan potensi kebutuhannya. Bila diibaratkan sebuah wadah, desa dapat menjadi wadah berbagai macam upaya pembangunan lintas sektor dan lintas kementerian/lembaga, namun tidak hanya menjadi wadah, desa juga harus bisa menjadi filter untuk menyaring, mana program atau kegiatan yang bermanfaat sesuai potensi dan sesuai prioritas pembangunan setempat,” jelasnya.

Oleh sebab itu kata Bupati, saya sangat mengapresiasi adanya bimtek bagi aparat desa dan Badan Permusyawaratan Desa, karena kegiatan ini dapat memperkuat koordinasi meningkatkan sinkronisasi dan mengembangkan kerjasama, serta bergotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, menuju Kabupaten Touna yang lebih sejahtera. DEL

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish