DPRD Ancam Gulirkan Hak Angket ke Walikota dan Wakil Walikota

  • Whatsapp
08908BA4-0C71-4C02-B436-669F22495C8E

PALU, MERCUSUAR – Ketua DPRD Kota Palu, Ikhsan Kalbi menyayangkan kepemimpinanan Walikota Palu, Hidayat dan Wakil Walikota Palu, Sigit Pernomo Said yang tidak berada di tempat disaat daerah memerlukan kerja cepat pemerintah kota (pemkot) dalam mengantisiapasi pencegahan COVID-19 di Kota Palu yang seharusnya dikomandai oleh Walikota dan Wakil Walikota Palu.

Ketua DPRD Palu yang akrab disapa Ikhsan ini menjelaskan, walaupun Sabtu kemarin Walikota Palu telah memimpin rapat koordinasi tapi kemudian hari Selasa berangkat lagi ke Jakarta, hal ini sangat disayangkan karna Jumat pekan lalu baru saja tiba di Palu usai ke Jakarta yang merupakan daerah yang terpapar COVID-19.

“Artinya bahwa walikota tidak menjalankan penuh hasil kesepakatan rapat koordinasi Sabtu kemarin yang seharusnya dikongkretkan dalam beberapa rekomendasi tersebut dan dikawal sampai tuntas terutama terkait dgn realokasi anggaran dan satgas dalam bentuk Surat Keputusan dan Peraturan Walikota Baru. Ditengah wabah COVID-19 ini harusnya Walikota turun langsung bersama OPD untuk menjelakankan langkah tepat, jelasnya.

Yang paling mengherankan menurut Ikhsan dan dinilai ini sangat tidak pantas bagi seorang Wakil Walikota Palu yang hampir seminggu tidak berada di Palu, bahkan sekalipun menghimbau warganya agar terhindar dari COVID-19.

“Apakah sih yang dia lakukan di Jakarta ? Dia harusnya memimpin garda kedua ketika Walikota berangkat kembali. Malah dalam instagram pribadinya, dia membuat acara dirumah tanpa memperlihatkan edukasi layaknya sebagai pemimpin,” tegasnya.

“Anda berdua ini difasilitasi oleh negara, seharusnya mempunyai kepekaan sebagai pemimpin d garda terdepan. Dan sebaiknya mengutamakan kepentingan negara dari kepentingan individu,” tambahnya.

Ikhsan menjelaskan, saat ini dirinya melihat Kota Palu mengalami krisis kepemimpinan, padahal rakyat butuh kehadiran pemimpin untuk sigap dan tanggap atasi COVID-19.

“Karena itu sebagai ketua DPRD saya menegaskan jika kinerja walikota dan wawali tidak terlihat jelas dalam minggu ini, maka DPRD tidak segan-segan mengeluarkan hak angket. Hal ini d dasari oleh rasa tanggungjawab kami dalam melakukan fungsi pengawasan atas kinerja pemimpin kota. Dan jangan nanti sudah ada yg politif COVID- 19 baru bertindak,” tegasnya.RES

Baca Juga