Dr H Kasman Jaya Saad M.P – Tetap Berkarya di Tengah Covid-19

  • Whatsapp
Dr H Kasman Jaya Saad M.P

Pandemi Covid-19 masih terus melanda negeri ini, termasuk Kota Palu. Tak bisa dipungkiri, wabah virus yang telah menelan korban belasan nyawa di sulawesi Tengah ini memberi dampak signifikan bagi aktivitas maupun produktivitas masyarakat. Namun kondisi seyogyanya tak membuat semangat dan asa masyarakat menurun.

Seperti halnya yang dilakukan Dr H Kasman Jaya Saad,M.P, Dosen Fakultas Pertanian Universitas Alkhairaat Palu. Dosen senior Unisa yang juga pernah menjadi Ketua Panwaslu Sulawesi Tengah yang kini berubah nama menjadi Bawaslu tetap berkarya di tengah wabah corona. Di tengah wabah virus corona, Kasman mampu melahirkan lima buku. Buku terbaru hasil karyanya berjudul Menjadi Pemimpin Penyelenggaran Pemilu Yang Efektif.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Kapolres Banggai Imbau Warga Tetap Jaga Kamtibmas

Pria kelahiran Sidrap, 5 Desember 1967 ini memang dikenal cukup aktif menulis dan melahirkan banyak karya tulis baik berupa buku maupun artikel yang dimuat di berbagai media cetak dan online di lokal maupun nasional. Kasman Jaya tercatat sudah menelorkan 17 buku dan patut diacungi jempol karena khusus di tahun 2020, ia telah melahirkan 5 buku. Kasman Jaya juga saat ini dipercaya menjadi pembina media Warta Kiat,media online Universitas Alkhairaat Palu.

Saat ditemui media ini akhir pekan kemarin, Kasman Jaya menuturkan jika  wabah virus corona yang tengah berlangsung tak menjadi penghalang untuk terus berkarya. Baginya, justru hal itu menjadi pelecut semangat untuk tetap bekerja dan melahirkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.Diakui, banyak ide dan inspirasinya yang justru muncul saat pandemi ini.Hal itu pula yang mendorongnya menulis dan melahirkan buku berjudul Pandemi Covid-19 Stay Positive, Stay Happy and Healthy yang diterbitkan beberapa bulan lalu.

Pilihan Redaksi :  Kapolres Banggai Imbau Warga Tetap Jaga Kamtibmas

 ‘’Jadi Kita harus tetap semangat dan melakukan tugas kita dan melahirkan karya . Meski tentunya harus tetap mengikuti standard protokol kesehatan covid-19. Agar kita tetap terhindar dari virus itu. Selain ikhtiar itu, tentunya juga selalu berdoa agar wabah ini segera berakhir,’’ungkapnya.

Di tengah pandemic covid-19, Kasman Jaya  bersyukur karena masih bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya baik sebagai seorang akademisi maupun tugasnya yang kerap menjadi narasumber atau pemateri sejumlah kegiatan yang dilakukan baik instansi pemerintahan, penyelenggara pemilu maupun pihak lain. Akhir Oktober 2020 ini, Kasman Jaya dipercaya menjadi Tim Pakar Debat Publik Pemilukada Kabupaten Morowali Utara.

Mantan Dekan Fakultas Pertanian Unisa ini menitip pesan, sesungguhnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berbuat kebajikan maupun berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.  Salah satunya melalui karya tulis berupa buku. Karenanya, ia menyarankan media ini juga untuk bisa melahirkan karya tulis apalagi dalam tugas kesehariannya membuat tulisan dalam bentuk berita. IKI

Baca Juga