HARIAN MERCUSUAR https://mercusuar.web.id/ Korannya Rakyat Sulteng Fri, 02 Dec 2022 01:46:38 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.0.3 https://mercusuar.web.id/file/2020/04/mercuapp-60x60.jpg HARIAN MERCUSUAR https://mercusuar.web.id/ 32 32 176300656 Sekolah di Palu Juara Kebersihan dan Keindahan https://mercusuar.web.id/pendidikan/sekolah-di-palu-juara-kebersihan-dan-keindahan/ https://mercusuar.web.id/pendidikan/sekolah-di-palu-juara-kebersihan-dan-keindahan/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:46:33 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115952 LOLU UTARA, MERCUSUAR – Sejumlah Sekolah di Kota Palu berhasil meraih juara lomba kebersihan dan

The post Sekolah di Palu Juara Kebersihan dan Keindahan appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
LOLU UTARA, MERCUSUAR – Sejumlah Sekolah di Kota Palu berhasil meraih juara lomba kebersihan dan keindahan kantor dan sekolah tingkat Kota Palu. pengumuman tersebut disampaikan pada saat workshop kelompok penggiat lingkungan Provinsi Sulteng. 

Sekolah yang berhasil meraih juara pada lomba tersebut yaitu juara satu SMPN I Palu, Juara II SMPN 18 Palu dan Juara III SMPN 2 Palu. Sekolah yang berhasil meraih juara tersebut juga langsung diberikan bonus oleh Pemerintah Kota Palu, walaupun sebelumnya mereka juga sudah mendapatkan bonus langsung Rp 1 miliar yang dibagi menjadi tiga kategori juara. 

“Saya sangat bersyukur karena sekolah kami kembali berhasil meraih juara pada lomba kebersihan dan keindahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi untuk tingkat Kota Palu. semoga ini bisa menjadi modal bagi seluruh warga sekolah untuk tetap semangat dalam menjaga dan mengembangkan lingkungan di sekolah,” kata Kepala SMPN 2 Palu, Ramlah M Siri, Kamis (1/12/2022).

Pihaknya mengatakan seluruh prestasi ini merupakan upaya dari seluruh warga sekolah yang telah mau bekerjasama dalam menjaga dan mengembangkan lingkungan yang ada di sekolah. Pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemimpin sebelumnya yang telah banyak berjasa dalam mengembangkan lingkungan sekolah hingga berhasil meraih juara.

“Kami tidak pernah lupa dengan pemimpin sebelumnya yang telah banyak berjasa dengan sekolah ini, makanya kami tinggal melanjutkan dan mengembangkan program sebelumnya. Semoga kedepannya seluruh guru masih tetap semangat dalam menjaga lingkungan hingga bisa kembali meraih prestasi yang lebih baik,”terangnya.

Pihaknya juga mengatakan, bahwa saat ini pihaknya akan tetap semangat dalam mengembangkan program baru di sekolah, sehingga tidak hanya bergerak di bidang lingkungan tetapi bagaimana seluruh siswa bisa lebih meningkatkan prestasi masing-masing.UTM

The post Sekolah di Palu Juara Kebersihan dan Keindahan appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/pendidikan/sekolah-di-palu-juara-kebersihan-dan-keindahan/feed/ 0 115952
SMAN 7 Palu Belajar Koleksi Etnografika  https://mercusuar.web.id/pendidikan/sman-7-palu-belajar-koleksi-etnografika/ https://mercusuar.web.id/pendidikan/sman-7-palu-belajar-koleksi-etnografika/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:46:16 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115969 KAMONJI, MERCUSUAR – Puluhan siswa SMAN 7 Palu mengkuti pembelajaran tentang koleksi etnografika yang dilaksanakan

The post SMAN 7 Palu Belajar Koleksi Etnografika  appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
KAMONJI, MERCUSUAR – Puluhan siswa SMAN 7 Palu mengkuti pembelajaran tentang koleksi etnografika yang dilaksanakan di UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng. Kegiatan itu dilakukan melalui program belajar bersama koleksi etnografika, yang mengangkat tema ‘’Koleksi etnografi dapat menunjang pembelajaran muatan lokal di sekolah’’.

Kepala Seksi Pelestarian dan Pengembangan, UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng, Masita Masuara dalam sambutannya mengajak para siswa SMAN 7 Palu untuk mengunjungi museum. 

“Salah satu manfaat mengunjungi museum adalah menambah pengetahuan tentang sejarah budaya suatu daerah. Dengan mengunjungi museum dapat membantu anak-anak memahami dan turut merasakan nuansa kehidupan pada zaman dahulu. Seperti dengan melihat koleksi benda-benda peninggalan zaman dahulu,”katanya, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan belajar bersama koleksi etnografika museum menghadirkan narasumber Dr Hasan, dosen Sejarah pada FKIP Untad. Dia menyampaikan materi berjudul Merdeka belajar, belajar bersama koleksi etnografika dan kearifan lokal.

Narasumber lainnya adalah Rim, arkeolog dari UPT Taman Budaya dan Museum Sulteng. Rim mengenalkan kepada siswa tentang koleksi etnografika museum Sulawesi Tengah.

“Berbagai jenis koleksi etnografika museum Sulteng, yakni kain tradisional, arsitektur tradisional, senjata tradisional, alat musil tradisional, berbagai macam wadah, baju tradisional, perlengkapan sirih pinang, kelengkapan alat upacara adat, dan lain sebagainya,” terangnya.

Ia menyebutkan contoh kain tradisional di Museum Sulteng, yakni Kain Kulit Kayu dan Kain Tenun Donggala. Sedangkan arsitektur tradisional adalah rumah adat Lobo Kulawi, Palava dan Kataba, serta Tambi. UTM

The post SMAN 7 Palu Belajar Koleksi Etnografika  appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/pendidikan/sman-7-palu-belajar-koleksi-etnografika/feed/ 0 115969
Pemkot Dorong Anggota Kopri Tingkatkan Kontribusi Pelayanan  https://mercusuar.web.id/kota-palu/pemkot-dorong-anggota-kopri-tingkatkan-kontribusi-pelayanan/ https://mercusuar.web.id/kota-palu/pemkot-dorong-anggota-kopri-tingkatkan-kontribusi-pelayanan/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:42:16 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115963 TANAMODINDI, MERCUSUAR – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes menghadiri seminar nasional

The post Pemkot Dorong Anggota Kopri Tingkatkan Kontribusi Pelayanan  appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
TANAMODINDI, MERCUSUAR – Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes menghadiri seminar nasional dalam rangka HUT ke-51 Korpri  tingkat Kota Palu, Kamis (1/12/2022) di salah satu hotel di Kota Palu.

Kegiatan yang mengangkat tema “Korpri Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri,” ini menghadirkan sejumlah narasumber seperti Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KSAN), Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA.

Kemudian Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH.,MH, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, Dir. Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP RI, Dr. Muhammad Sabri, MH, dan Ses Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemedagri RI, Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan, M.Ec.Dev.

Reny dalam sambutannya menyampaikan selamat datang atas nama Pemerintah Kota Palu kepada para narasumber yang hadir dalam seminar nasional kali ini. Menurutnya tema yang diangkat dimaknai sebagai harapan anggota Korpri untuk tetap bersemangat dalam bekerja serta berkontribusi melayani masyarakat.

“Korpri sebagai pelayan publik harus terimplementasikan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menjawab tuntutan dan harapan dari masyarakat dengan pelayanan secara cepat, tepat, dan profesional,”katanya.

Ia mengatakan saat ini kita sudah berada pada revolusi industri, olehnya perspektif anggota Korpri harus berubah dan selaras dengan perubahan-perubahan teknologi di berbagai bidang revolusi industri.

Seminar nasional Korpri hari ini harus dimaknai sebagai upaya untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota Korpri Kota Palu, apalagi saat ini sangat dibutuhkan yang namanya “Smart ASN.”

“Para ASN harus beradaptasi dengan teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat, akurat, dan efisien,” ungkapnya.

Wawali berharap seluruh ASN dapat mengikuti seminar nasional ini dengan sebaik-baiknya dan berdiskusi secara luas dengan narasumber yang merupakan pakar untuk didatangkan di Kota Palu.

Tidak lupa Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Korpri Kota Palu yang telah bekerja keras menyiapkan semuanya sehingga berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-51 Korpri Tingkat Kota Palu dapat terlaksana dengan baik.

“Terima kasih juga adik-adik yang ikut ASN Idol. Bagi yang belum dapat juara, silakan ikut lagi tahun depan,” katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yakni Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM, para pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu, serta para lurah dan camat se-Kota Palu. RES

The post Pemkot Dorong Anggota Kopri Tingkatkan Kontribusi Pelayanan  appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/kota-palu/pemkot-dorong-anggota-kopri-tingkatkan-kontribusi-pelayanan/feed/ 0 115963
DPC PWKI Pal, Rayakan HUT Dirangkaikan Ibadah Natal https://mercusuar.web.id/kota-palu/dpc-pwki-pal-rayakan-hut-dirangkaikan-ibadah-natal/ https://mercusuar.web.id/kota-palu/dpc-pwki-pal-rayakan-hut-dirangkaikan-ibadah-natal/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:40:45 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115962 LOLU SELATAN, MERCUSUAR –  DPC Persekutuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Kota Palu merayakan hari jadinya

The post DPC PWKI Pal, Rayakan HUT Dirangkaikan Ibadah Natal appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
LOLU SELATAN, MERCUSUAR –  DPC Persekutuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) Kota Palu merayakan hari jadinya di tengah suka cita menjelang Hari Raya Natal 2022. 

Perayaan hari jadi tersebut ditandai dengan menggelar ibadah bersama untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Rabu (30/11/2022).

Perayaan dan ibadah tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Palu, dr. Renny Lamadjido di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Woodward Palu, Kelurahan Lolu Selatan. Wawali mengatakan, selamat atas pelaksanaan perayaan natal yang pertama dan yang dirangkaikan dengan hari jadi DPC PWKI Kota Palu.

“Apalagi dalam moment perayaan HUT DPC PWKI juga melaksanakan bakti sosial dalam rangka menyambut Palu menuju Adipura. Pemerintah Kota Palu menyampaikan selamat merayakan natal dan HUT DPC PWKI Kota Palu, semoga kita semua diberi kesehatan dan kelimpahan berkah,” jelasnya.

Wawali menjelaskan, dirinya melihat seluruh pengurus dan anggota DPC PWKI Kota Palu adalah perempuan yang tangguh, sebagai ibu rumah tangga yang mengurus berbagai  pekerjaan namun masih sempat membantu dan berkontribusi untuk PWKI.
“Perempuan adalah makhluk paling tangguh, kita harap kedepan melalui hari jadinya kali ini DPC PWKI semakin berjaya dan bermanfaat untuk banyak orang,” jelasnya. RES

The post DPC PWKI Pal, Rayakan HUT Dirangkaikan Ibadah Natal appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/kota-palu/dpc-pwki-pal-rayakan-hut-dirangkaikan-ibadah-natal/feed/ 0 115962
Relawan Desgan Sulteng Deklarasi Dukung Ganjar https://mercusuar.web.id/politik/relawan-desgan-sulteng-deklarasi-dukung-ganjar/ https://mercusuar.web.id/politik/relawan-desgan-sulteng-deklarasi-dukung-ganjar/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:34:17 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115954 SIGI, MERCUSUAR – Jumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo dari kalangan masyarakat desa kembali bertambah. Ribuan

The post Relawan Desgan Sulteng Deklarasi Dukung Ganjar appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
SIGI, MERCUSUAR – Jumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo dari kalangan masyarakat desa kembali bertambah. Ribuan warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Desgan) Provinsi Sulteng tersebut, mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar pada Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Koordinator Wilayah Des Ganjar Provinsi Sulteng, Abdul Gafur mengatakan, ada ribuan warga desa yang hadir dalam deklarasi yang digelar di Desa Tulo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi tersebut. Pak Ganjar dinilai sebagai tokoh yang paling cocok untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Kata dia,  Pak Ganjar bukan sosok baru bagi mayoritas masyarakat di Sulteng. Hal ini karena Pak Ganjar sering mengunjungi beberapa wilayah di Sulteng, khususnya di Palu. Pada rentetan bencana yang menimpa Palu, Sigi dan Donggala pada 2018 silam, Pak Ganjar beberapa kali datang untuk memberikan sejumlah bantuan.

Kunjungan Pak Ganjar ke Sulteng pun terus berlanjut hingga tahun 2022. Salah satunya saat Pak Ganjar melawat ke Palu, untuk meresmikan bantuan sekolah dan masjid dari warga Jateng

“Antusiasnya luar biasa dari masyarakat desa terhadap Pak Ganjar yang pernah datang ke wilayah kami (Sulteng), sehingga mereka merasa bahwa Pak Ganjar itu orangnya sangat familiar. Sehingga mereka tanpa diundang pun hadir (di deklarasi), banyak yang datang dari kabupaten lain karena mereka antusias betul, karena telah merasakan apa yang diberikan Pak Ganjar,” ucap Gafur.

Selain itu, Gafur juga menyebut salah satu faktor kenapa banyak masyarakat desa di Sulteng menyukai Pak Ganjar, karena jiwa sosialnya yang tinggi. Pak Ganjar, disebut Gafur, selalu merangkul warganya tanpa memandang status orang tersebut.

Menurutnya, program-program yang dibuat Pak Ganjar sangat terasa manfaatnya untuk masyarakat desa. Salah satunya Kartu Tani, yang telah menjadi program nasional. Gafur menceritakan, banyak warganya yang merupakan seorang petani, sangat terbantu lewat program tersebut.

“Ada banyak sekali jumlah warga desa di Sulawesi Tengah, dan kami ingin agar program tentang desa yang telah ditetapkan di Jawa Tengah, kami ingin merasakannya juga,” ujarnya.

Meski baru dideklarasikan, Abdul Gafur menegaskan bahwa para relawan Des Ganjar Provinsi Sulteng akan terus mensosialisasikan dan menghimpun dukungan dari masyarakat desa di kabupaten lainnya di Sulteng. Sosialisasi akan dilakukan pihaknya dengan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat.

“Saya berharap, Pak Ganjar bisa maju menjadi presiden 2024, dan kami akan berupaya memenangkan beliau hingga hari pemilu,” terangnya. AJI

The post Relawan Desgan Sulteng Deklarasi Dukung Ganjar appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/politik/relawan-desgan-sulteng-deklarasi-dukung-ganjar/feed/ 0 115954
Bawaslu Palu Libatkan Ibu Bhayangkari Dalam Pengawasan Partisipatif https://mercusuar.web.id/politik/bawaslu-palu-libatkan-ibu-bhayangkari-dalam-pengawasan-partisipatif/ https://mercusuar.web.id/politik/bawaslu-palu-libatkan-ibu-bhayangkari-dalam-pengawasan-partisipatif/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:32:15 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115953 PALU, MERCUSUAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu terus memperkuat pengawasannya menghadapi Pemilu

The post Bawaslu Palu Libatkan Ibu Bhayangkari Dalam Pengawasan Partisipatif appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
PALU, MERCUSUAR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palu terus memperkuat pengawasannya menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Seluruh kelompok masyarakat, satu persatu diberikan penguatan pengawasan oleh Bawaslu Kota Palu.

Seperti pada sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Kamis (1/12/2022), di D’Kalora Cafe and Resto, Bawaslu Kota Palu menghadirkan pengurus Bhayangkari Kota Palu, Dharmawanita Persatuan Dinas Perhubungan Kota Palu dan kelompok perempuan.

Anggota Bawaslu Kota Palu, Munirah saat membuka kegiatan mengatakan, melibatkan Bhayangkari, DWP Dinas Perhubungan dan kelompok perempuan, bagian dari upaya Bawaslu Kota Palu menjaga agar pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan baik dan berkualitas.

“Bawaslu memiliki keterbatasan personil dalam menjaga seluruh tahapan Pemilu. Karena itu, partisipasi kelompok masyarakat dalam mengawas jalannya Pemilu sangat diharapkan oleh Bawaslu,” kata Munirah.

Sebagai pengawas, Bawaslu Kota Palu juga membuka diri atas seluruh masukan yang disampaikan ke Bawaslu.

“Kami juga memiliki keterbatasan pengetahuan, karena itu segala masukan dari kelompok masyarakat sangat membantu Bawaslu dalam memaksimalkan pengawasan Pemilu.

Karena itulah, Munirah berharap Bhayangkari dan DWP Dinas Perhubungan berpartisipasi aktif menjaga demokrasi, khususnya pelaksanaan Pemilu 2024.AT/TIN

The post Bawaslu Palu Libatkan Ibu Bhayangkari Dalam Pengawasan Partisipatif appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/politik/bawaslu-palu-libatkan-ibu-bhayangkari-dalam-pengawasan-partisipatif/feed/ 0 115953
Tanam Mangrove, Pemuda Tonggolobibi Jaga Ekosistem Pesisir https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/tanam-mangrove-pemuda-tonggolobibi-jaga-ekosistem-pesisir/ https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/tanam-mangrove-pemuda-tonggolobibi-jaga-ekosistem-pesisir/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:26:51 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115942 DONGGALA, MERCUSUAR – Memeriahkan momentum Hari Pohon dan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh pada 

The post Tanam Mangrove, Pemuda Tonggolobibi Jaga Ekosistem Pesisir appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
DONGGALA, MERCUSUAR – Memeriahkan momentum Hari Pohon dan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh pada  21 November 2022, sejumlah pemuda di Dusun 1 Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, menginisiasi penyelenggaraan penanaman propagul Mangrove sebanyak 200 buah. 

Jumlah Mangrove yang ditanam tersebut, merupakan langkah awal dari target capaian Mangrove yang akan ditanam, yakni sebanyak 2.000 propagul. 

Penanaman dilaksanakan dilatarbelakangi adanya kekosongan lahan, yang dulunya bekas perumahan dan kemudian tidak dipergunakan, akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di wilayah Tonggolobibi pada tahun 1996.

Kegiatan penanaman Mangrove di Desa Tonggolobibi, bukan baru kali pertama dilakukan. Pada 2005, Dinas Perikanan Donggala bekerja sama dengan Pemerintah Desa Tonggolobibi, pernah melakukan penanaman sebanyak 1.000 bibit Mangrove. Namun, dikarenakan penanaman dilakukan di laut terbuka, serta tidak dilengkapi dengan APO (Alat Pemecah Ombak), menyebabkan bibit terseret ombak dan arus dan menyisakan sebagian kecil dari jumlah yang ditanam.

Jumlah peserta yang terlibat pada pelaksanaan penanaman tersebut sebanyak 11 orang, yang terdiri dari berbagai perwakilan organisasi, di antaranya KPA Belibis, Karang Taruna Tunas Beringin, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) tingkat desa, P2DT (Persatuan Pemuda-pemudi Desa Tonggolobibi), serta BPD Tonggolobibi.

Salah seorang peserta aksi, Ardiansyah AR menyatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar aksi, namun akan terus berkelanjutan, selama terjalin kolaborasi kolektif lintas sektor. 

“Kita ingin mengajak semua pihak untuk terlibat, agar timbul rasa memiliki dan keinginan bersama untuk merawat selalu ada, serta terbangun gerakan produktif anak muda desa, untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Hal itu juga kata dia, sebagai bentuk edukasi awal, bahwa Mangrove bukan hanya sekedar tumbuhan yang hidup di pesisir, namun punya banyak manfaat sebagai penyerap karbon, yang 5 kali lebih kuat dibandingkan hutan tropis lainnya, serta sebagai bentuk mitigasi bencana abrasi dan tsunami. 

Ketua BPD Desa Tonggolobibi, Akir Alkab  mengatakan, kegiatan tersebut sangat mulia dan sejatinya layak mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat.

Bukan hanya itu, selain Mangrove dapat dijadikan sebagai penahan abrasi pantai, juga dapat dirawat dan dikelola untuk dijadikan kawasan ekowisata, sebagai bentuk pendapatan bagi masyarakat yang mengelola. JEF

The post Tanam Mangrove, Pemuda Tonggolobibi Jaga Ekosistem Pesisir appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/tanam-mangrove-pemuda-tonggolobibi-jaga-ekosistem-pesisir/feed/ 0 115942
Parmout Belajar Turunkan Stunting ke Sumedang https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/parmout-belajar-turunkan-stunting-ke-sumedang/ https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/parmout-belajar-turunkan-stunting-ke-sumedang/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:26:41 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115945 PARMOUT, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), H. Badrun Nggai bersama rombongan berkunjung

The post Parmout Belajar Turunkan Stunting ke Sumedang appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
PARMOUT, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), H. Badrun Nggai bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, Kamis (1/12/2022), untuk mempelajari program penurunan angka stunting di daerah tersebut.

Wabub Parmout bersama rombongan diterima langsung Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan di ruang pertemuan kantor Bupati Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan pada pertemuan tersebut memaparkan kiat-kiat tentang keberhasilan Pemda Sumedang dalam meraih predikat terbaik se-Provinsi Jawa Barat, pada Penilaian Kinerja 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di tahun 2022.

Ia juga menjelaskan berbagai program kerja yang diintegrasikan dengan beberapa inovasi berbasis teknologi informasi, sampai terkoneksi hingga di tingkat desa.

Wabub Parmout, Badrun Nggai mendengarkan penjelasan terkait penurunan stunting di wilayah tersebut, dan berharap apa yang sudah dijelaskan dapat diambil untuk diimplementasikan di Parmout. Badrun juga berharap agar pemerintah Kabupaten Sumedang dapat berkunjung dan melihat kabupaten Parigi Moutong dari dekat.

Ajakan itu disambut baik oleh Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, yang mengatakan pihaknya sangat berkeinginan melaksanakan kunjungan balasan ke kabupaten Parigi Moutong, untuk melihat potensi kabupaten Parmout, yaitu budidaya durian serta beberapa program pertanian dan perkebunan lainnya.

Di akhir pertemuan, dilakukan pemberian cendera mata dari Wakil Bupati Parmout kepada Wakil Bupati Sumedang, kemudian dilanjutkan kunjungan kerja ke lokasi desa percontohan pencanangan stunting, yaitu desa Sukajaya kecamatan Sumedang selatan.  TIA

The post Parmout Belajar Turunkan Stunting ke Sumedang appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/parmout-belajar-turunkan-stunting-ke-sumedang/feed/ 0 115945
Rakerwil KSBSI Sulteng, Perkuat Kerja Sama Pemenuhan Hak Buruh https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/rakerwil-ksbsi-sulteng-perkuat-kerja-sama-pemenuhan-hak-buruh/ https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/rakerwil-ksbsi-sulteng-perkuat-kerja-sama-pemenuhan-hak-buruh/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:23:34 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115934 PALU, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan selaku pemerhati serikat buruh seluruh Indonesia Provinsi Sulawesi

The post Rakerwil KSBSI Sulteng, Perkuat Kerja Sama Pemenuhan Hak Buruh appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
PALU, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan selaku pemerhati serikat buruh seluruh Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menghadiri sekaligus membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Sulteng, di salah satu resto di Palu, Kamis (1/12/2022).

Moh Irwan dalam sambutannya mengatakan acuan dari UU Nomor 21 Tahun 2000 yang berbunyi serikat pekerja atau serikat buruh, federasi dan konfederasi serikat pekerja atau serikat buruh bertujuan memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja atau buruh dan keluarganya. 

“Oleh sebab itu, Rakerwil KSBSI ini untuk mendukung para buruh yang memiliki masalah terkait hak dan kewajiban mereka ketika bekerja, sehingga mereka mendapat kesempatan untuk hidup sejahtera,” kata Irwan.

Lanjutnya, rakerwil KSBSI diharapkan akan semakin memperkokoh kerja sama dalam rangka pemenuhan hak para buruh, dalam hal menimbulkan optimisme untuk dapat terus memperjuangkan berbagai kebijakan sosial yang berdampak positif secara luas, seperti jaminan sosial maupun sistem pengupahan yang adil.

Hadir dalam kesempatan itu Sekjen KSBSI, Dedi Hardianto, Perwakilan Disnakertrans Sulteng, Ketua Apindo Sulteng, Korwil KSBSI Sulteng, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan dan unsur Forkopimda Sulteng. AJI

The post Rakerwil KSBSI Sulteng, Perkuat Kerja Sama Pemenuhan Hak Buruh appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/rakerwil-ksbsi-sulteng-perkuat-kerja-sama-pemenuhan-hak-buruh/feed/ 0 115934
Mahasiswa KKN UIN Datokarama, Gelar Kampanye ‘Hidup dengan Bencana’ https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/mahasiswa-kkn-uin-datokarama-gelar-kampanye-hidup-dengan-bencana/ https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/mahasiswa-kkn-uin-datokarama-gelar-kampanye-hidup-dengan-bencana/#respond Fri, 02 Dec 2022 01:21:59 +0000 https://mercusuar.web.id/?p=115933 SIGI, MERCUSUAR – Memeringati 95 tahun bencana gempa bumi dan tsunami 1 Desember 1927 di

The post Mahasiswa KKN UIN Datokarama, Gelar Kampanye ‘Hidup dengan Bencana’ appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
SIGI, MERCUSUAR – Memeringati 95 tahun bencana gempa bumi dan tsunami 1 Desember 1927 di Teluk Palu, mahasiswa program KKN UIN Datokarama Palu di Posko Padende melaksanakan Kampanye ‘Hidup dengan Bencana’, Kamis (1/12/2022).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Padende ini, terdiri dari Pameran Foto dan Arsip Kebencanaan, Pemutaran Film Bertema Kebencanaan, serta Diskusi. 

Kepala Desa Padende, Samsi Jahudin, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan seperti ini penting untuk memberikan pengetahuan tentang kebencanaan kepada masyarakat di Desa Padende. Hal ini penting demi mewujudkan ketangguhan bencana di lingkungan desa. 

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Sigi, Syaiful Taslim dan Produser Kampanye Hidup dengan Bencana Sinekoci, Mohammad Ifdhal.

Syaiful Taslim menjelaskan mengenai bagaimana koordinasi lintas sektor dalam upaya mewujudkan ketangguhan bencana di wilayah desa. Adapun Moh. Ifdhal menjelaskan mengenai mitigasi bencana menggunakan pendekatan anak muda, lewat karya kreatif seperti film. 

Pada kegiatan ini juga dilakukan pemutaran sejumlah film, yang merupakan bagian dari program kampanye Hidup dengan Bencana, yang merupakan kerja sama Sinekoci dengan empat komunitas di Sulawesi Tengah. JEF

The post Mahasiswa KKN UIN Datokarama, Gelar Kampanye ‘Hidup dengan Bencana’ appeared first on HARIAN MERCUSUAR.

]]>
https://mercusuar.web.id/sulteng-membangun/mahasiswa-kkn-uin-datokarama-gelar-kampanye-hidup-dengan-bencana/feed/ 0 115933