Fokus Salurkan Bantuan Bahan Makanan Pada Kelompok Rentan

  • Whatsapp
FCA539C0-B7DD-4C6D-A049-1B396D55F196
Di Rumah Saja

PALU, MERCUSUAR – Sejumlah anak muda di Kota Palu, menginisiasi sebuah gerakan pengumpulan bahan makanan bagi kelompok rentan di Kota Palu dan sekitarnya, di tengah situasi pandemi Covid-19. Gerakan ini bertajuk Jaga Palu, yang telah berjalan selama sebulan terakhir.
Yaumil Masri, salah seorang inisiator gerakan tersebut, Minggu (3/5/2020) mengatakan, Jaga Palu sendiri lahir dari keprihatinan bersama dirinya dan sejumlah anak muda, melihat banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan bahan makanan selama pandemi ini. Dirinya lalu mengumpulkan teman-teman yang mau terlibat membantu.
“Persisnya setelah pembagian hand sanitizer di Balaroa, beberapa waktu lalu. Setelah teman-teman terkumpul, kemudian kita patungan beli sembako dan buka donasi,” ujarnya.
Lanjut Yaumil, adapun donasi yang dikumpulkan berupa bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula, susu, garam, minyak, hingga teh. Pihaknya juga menerima donasi dalam bentuk uang, yang dapat didonasikan melalui rekening donasi yakni 0732617192 (BNI Syariah a.n. Dede Kurniawan.
Founder Sikola Pomore ini menjelaskan, tujuan hadirnya Jaga Palu sendiri, sebenarnya bukan hanya pada persoalan donasi, tapi lebih kepada persoalan kesadaran dan empati kepada sesame, di masa masa sulit seperti ini. Menurutnya, kita sudah melewati berbagai bencana, seperti gempa, tsunami, likuifaksi, serta Covid-19 dan banjir. Maka kata dia, menjadi penting untuk membangun kesadaran dalam diri masing-masing individu.
“Karena kalau semua orang sadar, maka sikap mawas diri dan empati, akan terwujud dengan sendirinya,” ujarnya.
Sebulan terakhir melakukan aksi penggalangan bantuan, Jaga Palu telah melakukan tiga kali penyaluran bantuan. Pertama, distribusi kepada keluarga ODP di Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Kedua, distribusi kepada kelompok rentan di Kota Palu, seperti pemulung, pekerja yang di rumahkan dari tempat kerjanya, mahasiswa yang tidak pulang kampung, ojek online, ojek biasa, dan para pekerja social. Ketiga, distribusi di beberapa huntara di Kota Palu.
“Minggu (3/5/2020), kami menyalurkan bantuan kepada penghuni huntara di Dusun Bamba, Kelurahan Panau, Kecamatan Tawaeli,” ujarnya.
Menurut Yaumil, pihaknya memang fokus menggalang donasi bahan makanan, tapi jika ada yang hendak mendonasikan barang lainnya, berupa masker atau APD, pihaknya tetap menerima dan langsung disalurkan kepada pihak yang membutuhkan. Hal ini kata dia, seperti yang dilakukan Jaga Palu dengan menyalurkan bantuan masker di Puskesmas Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, 24 April lalu.
Gerakan ini sendiri kata dia, mulai meluas di wilayah lainnya di Sulteng. Beberapa kabupaten telah membentuk gerakan serupa, seperti Jaga Buol, juga nanti akan ada Jaga Sigi dan Jaga Donggala.
Untuk Jaga Palu sendiri, terdiri dari sejumlah organisasi anak muda yang terlibat, seperti Sikola Pomore, OSIS SMA Al Azhar Mandiri Palu, OSIS MAN Insan Cendekia Palu, OSIS SMAN 3 Palu, serta Forum OSIS Kota Palu. JEF

Di Rumah Saja

Pos terkait

Di Rumah Saja