Fraksi Dekab Sigi Beri Pandangan

PARIPURNA RAPERDA APBD 2020

0 12

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

SIGI, MERCUSUAR – Seluruh fraksi di DPRD Kabupaten (Dekab) Sigi, memberikan tanggapan atas nota keuangan penyampaian Bupati Sigi, terkait rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD tahun 2020 yang disampaikan pada sidang paripurna, Rabu (6/11/2019).

Fraksi Partai NasDem dalam penyampaiannya yang dibacakan Endang Herdianti mengatakan, fraksinya mengapresiasi Pemkab Sigi, terkait tindakan pascabencana yang terjadi di Sigi. NasDem pun memberi apresiasi kepada Pemkab Sigi, yang telah berupaya merencanakan APBD 2020, yang nilainya meningkat dari tahun sebelumnya. Di mana hal ini merupakan kemajuan, walaupun masih berada dalam catatan.

“Dalam hal penanganan bencana dari daerah yang terdampak, Sigi merupakan daerah yang cukup baik dalam penanganannya. Namun hal ini tetap masih dibutuhkan keseriusan yang lebih lagi, dibanding sebelumnya,” ujar Endang.

Lanjutnya, Fraksi Nasdem pun melihat, masyarakat masih membutuhkan dukungan untuk penganggaran, khususnya dalam pelayanan dasar seperti kesehatan. Hal ini terlihat pada Raperda APBD 2020, di mana anggaran kesehatan, dianggapnya belum memadai, jika dibandingkan dengan titik penanganan yang harus dilakukan.

“Kemudian terkait penanggulangan bencana yang saat ini masuk pada tahapan rehabilitasi, rekonstruksi dan pemulihan ekonomi masyarakat penyintas, maka perlu adanya sinkronisasi data pada OPD terkait agar bantuan yang diberikan tidak terfokus pada titik tertentu, dan bisa lebih tepat sasaran,” sambungnya.

Sejumlah fraksi juga menyampaikan hal yang hampir sama, dan meminta Pemkab Sigi untuk lebih serius dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Sidang paripurna itu dihadiri pula oleh sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Sigi. BAH

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish