FUAD IAIN Palu Laksanakan Pembekalan PPL

  • Whatsapp
FUAD

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Selasa (30/3/2021), melaksanakan pembekalan Program Praktik Lapangan (PPL) Gelombang ke-II 2020/2021. Pembekalan PPL yang dilaksankan secara daring ini, diikuti oleh 19 mahasiswa peserta PPL, dari semua program studi yang ada di FUAD.

Ketua Panitia, Moh. Sairin, S.Pd., MA, dalam laporannya menjelaskan, jumlah mahasiswa yang mengikuti PPL pada gelombang kedua ini, relatif lebih sedikit dari gelombang pertama, yang mencapai 200-an peserta. Mahasiswa yang mengikuti PPL gelombang ke-II ini kata dia, merupakan mahasiswa yang belum sempat mengikuti PPL pada gelombang pertama.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Sidak di Kelurahan Talise- Wali Kota Mengaku Kecewa

Lanjut Sairin, para peserta PPL nantinya akan disebar di empat lokasi penempatan PPL. Keempat lokasi ini, masing-masing Pondok Pesantren Anwarul Quran, Panti Asuhan Ar-Rahman, Kanwil Kemenag Kota Palu, serta Museum Negeri Sulteng.

Kegiatan pembekalan PPL bagi mahasiswa FUAD IAIN Palu ini, dibuka secara resmi oleh Dekan FUAD IAIN Palu, Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag. Dalam sambutannya, Lukman menyebutkan, jumlah peserta yang hanya belasan, tidak menjadi ukuran, karena hal yang penting dalam PPL bukan kuantitas.

“Apalah artinya banyak, namun nantinya tidak mencerminkan kualitas kita di FUAD. Jika jumlah ini bisa dimaksimalkan, Insya Allah kualitasnya akan baik,” ujarnya.

Lukman juga mengatakan, pelaksanaan PPL kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Hal ini kata dia, menjadi momentum bagi para mahasiswa peserta PPL, untuk melipatgandakan pahala melalui karya selama melaksanakan PPL.

Pilihan Redaksi :  BPJamsostek Salurkan Beasiswa Anak

“Seluruh karya anda di bulan Ramadan ini akan dilipatgandakan pahalanya. Ada keberkahan dan kemuliaan selama Ramadan, jadi kualitas kerja harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, di bulan yang mulia ini,” lanjutnya.

Lukman juga berpesan kepada para mahasiswa peserta PPL, agar melaksanakan PLL dengan sebaik-baiknya dan menjaga nama baik almamater. Karena pelaksanaan PPL kali ini juga masih di situasi pandemi,maka kata dia, pada prinsipnya, kegiatan PPL kali ini masih dilaksanakan secara daring, kecuali di lokasi penempatan memberi ruang untuk melaksanakan kegiatan secara luring, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan.

Pembekalan PPL ini menhadirkan dua pemateri yakni Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam pada Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng, Dr. Gasim Yamani, M.Ag, serta Wakil Dekan II FUAD IAIN Palu, Mokh. Ulil Hidayat, S.Ag., M.Fil.I.

Pilihan Redaksi :  Vaksinasi Guru Madrasah Diharap Tuntas Sebelum Juli

Adapun para mahasiswa peserta PPL akan dilepas ke lokasi penempatan masing-masing pada 1 April 2021. Pelepasan dijadwalkan dilakukan oleh Dekan FUAD IAIN Palu. JEF 

Baca Juga