Gelar Paripurna KUA PPAS dan APBD 2020

DEKAB TOUNA

0 64

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

TOUANA, MERCUSUAR – DPRD Kabupaten (Dekab) Tojo Unauna menggelar rapat paripurna membahas rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan  rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, Selasa (2/7/2019). 

Ketua Dekab Touna, Gusnar A Sulaeman SE MM menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor: 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2020, rencana penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial. Sementara kebijakan anggaran belanja berdasarkan ‘Money Follows Progam’ dengan cara memastikan hanya program yang benar- benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas dan fungsi kementerian/lembaga yang bersangkutan.

Dia mengisyaratkan pencapaian prioritas pembangunan nasional memerlukan koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan melalui pengintegrasian prioritas nasional/program prioritas/kegiatan prioritas yang dilaksanakan dengan berbasis kewilayahan.

“RKP tahun 2020 dimaksudkan sebagai pedoman bagi kementerian/lembaga dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) tahun 2020 dan menjadi pedoman pemerintah daerah dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020. RKPD digunakan sebagai pedoman dalam proses penyusunan rancangan peraturan daerah tentang APBD  tahun anggaran 2020,” ujarnya saat pembukaan sidang paripurna.

Lima prioritas pembangunan nasional tahun 2020, yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan; infrastruktur dan pemerataan wilayah; nilai tambah sektor Riil, industrialisasi dan kesempatan kerja; ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup, serta stabilitas pertahanan dan keamanan. “Untuk itu pemerintah provinsi dan Pemerintah kabupaten/kota dalam menyusun RKPD tahun anggaran 2020 mempedomani Permendagri mengenai penyusunan Rencana Kerja Pemerintah daerah tahun 2020,” tandasnya.

Bupati Touna, Mohammad Lahay SE MM dalam pidato pengantarnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati (Wabup), Admin AS Lasimpala mengatakan bahwa prioritas pembangunan daerah tahun anggaran 2020 serta permasalahan pembangunan disusun berdasarkan hasil evaluasi capaian kinerja sampai tahun 2018.

“Pada hakekatnya kebijakan pembangunan daerah pada tahun 2020 didasarkan pada prioritas pembangunan untuk mewujudkan visi yakni terwujudnya masyarakat Tojo Unauna yang hebat dibidang pertanian, pariwisata dan kemaritiman,” kata Wabup.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka visi itu dijabarkan kedalam lima misi untuk periode 2016-2021. “Visi tersebut, yakni membangun keberdayaan rakyat serta penataan wilayah pedesaan secara merata mandiri dan berkelanjutan yang berbasis ekonomi pertanian, pariwisata dan kemaritiman; mewujudkan kelembagaan birokrasi yang bersih efisien, efektif dan akuntabel; mewujudkan pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi; mewujudkan pengarusutamaan gender dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya masyarakat dan mengembangkan kemitraan usaha lokal, investasi dan pengembangan infrastruktur,” ujarnya. DEL

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish