Gelar Wisata Matematika Bela Negara

KODIM 1311 MOROWALI

0 12

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

MOROWALI, MERCUSUAR – Kodim 1311/Morowali menggelar kegiatan Wisata Matematika Bela Negara, dengan tujuan sebagai sarana menanamkam jiwa Bela Negara kepada peserta didik, Senin (06/8/2018).  

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kodim 1311 Morowali Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Morowali itu, diikuti oleh 45 siswa siswi SMP Negeri II Bungku Tengah.

Dalam arahannya, Dandim 1311 Morowalu Letkol Arh Sabariyandu Kristian Saragih berharap para siswa dan siswi dapat menjadi kebanggaan keluarga maupun bangsa.

“Saya berharap agar adik-adik belajar yang rajin. Jadilah anak yang membanggakan orang tua, agama, bangsa dan Negara. Jangan suka bertengkar apalagi berkelahi atau tawuran, jauhi narkoba agar sehat selalu demi cita-cita kalian semua,” ujarnya.

Dandim juga meminta agar kegiatan tersebut bisa menumbuhkan motivasi bagi peserta, sehingga menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. “Untuk itu, ikuti secara seksama apa yang disampaikan oleh narasumber, dengan demikian materi dapat serap dengan baik dan dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kapten Fatkhurokhman selaku koordinator materi tentang berpikir supra rasional untuk memperkuat bela negara pada diri peserta didik juga menyampaikan pesan-pesannya.

“Berpikir supra rasional adalah cara berpikir yang mempertimbangkan hal yang gaib Tuhan YME sang pencipta alam semesta sebagai dasar pertimbangan untuk bersikap dan bertindak, bela negara merupakan sebuah semangat berani berkorban demi tanah air, baik harta bahkan nyawa sekalipun demi keutuhan NKRI” paparnya.

Target Wisata Matematika Bela Negara yang ingin dicapai adalah para pelajar memahami prilaku Bela Negara yang harus dilakukan melalui pendekatan berpikir secara rasional, dapat memahami nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, sejarah perjuangan bangsa, Bhinneka Tunggal Ika melalui permainam Matematika Bela Negara.
Selain itu, agar pelajar memiliki jiwa gotong royong dan tolong menolong dengan sesama melalui kegiatan game kelompok, bangga dengan produk dalam negeri dan termotifasi untuk berprestasi diberbagai bidang. “Ini menjadi salah satu program penguatan pendidikan karakter bagi sekolah-sekolah di sekitar Kodim/Koramil,” jelasnya. BBG

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublish