Gempa 4.9 Guncang Parigi Moutong

  • Whatsapp
FB_IMG_1611022869192
FOTO: Informasi gempa bumi bermagnitudo 4.9 yang terjadi di Parigi Moutong, Selasa (19/1/2021). FOTO: BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Palu

PARMOUT, MERCUSUAR – Gempa bumi dengan magnitudo 4.9 mengguncang wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), Selasa (19/1/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas I Palu melaporkan, gempa terjadi pada pukul 08.56 WITA, dengan episentrum di Teluk Tomini, 5 km sebelah selatan Maninili, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parmout. 

Gempa dengan kedalaman 32 km ini, dirasakan dengan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) III di wilayah Toribulu dan Mepanga. Pada skala MMI III, Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. 

Berita Terkait

Skala MMI sendiri merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Menurut BMKG, satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Skala Mercalli terbagi menjadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut dan juga dengan melihat serta membandingkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Pilihan Redaksi :  Smart Farming Hadir di Parmout

Gempa bumi ini juga dilaporkan dirasakan di wilayah Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parmout, hingga Kecamatan Balaesang dan Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Gempa ini sempat membuat warga panik, akibat dampak trauma dari gempa Sulbar yang terjadi pada 15 Januari lalu. 

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan tidak panik. Masyarakat juga diimbau untuk tidak mempercayai berita-berita hoaks mengenai kebencanaan. JEF

 

 

Baca Juga