Genjot PAD, Bapenda Donggala Pasang Perekam Transaksi

  • Whatsapp
taping 2

DONGGALA, MERCUSUAR – Untuk mengoptimalkan pajak Pendapatan Asli Daerah dari sektor jasa, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Donggala bekerjasama dengan Bank Sulteng memasaing alat Tapping Box yaitu alat perekam data transaksi objek pajak daerah dari pajak rumah makan dan hotel.

Pemasangan berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (5-6/3/2020), dimulai di wilayah Ibukota Kabupaten Donggala dan selanjutnya di wilayah pantai barat dengan jumlah alat perekam yang dipasang sebanyak 20 titik terdiri dari rumah makan penginapan dan hotel.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Donggala, Muhammad Fahri saat ditemui di kantornya sesuai pemasangan tapping box, Kamis (5/3/2020) mengatakan Pemerintah Kabupaten Donggala dalam hal ini Bapenda Donggala berkomtmen mengoptimalkan dan memaksimalkan potensi pendapatan dari sektor pajak rumah makan dan perhotelan di Donggala.

“Kami sudah melakukan pendataan terhadap usaha rumah makan, penginapan dan hotel di Donggala yang mempunyai potensi sebanyak 60 titik usaha. Namun, setelah kami teliti kembali yang layak hanya berkisar 17 hingga 20 tempat usaha,” kata Muhammad Fahri.

Diharapkan dengan pemasangan tapping box ini, lanjut Fahri, dapat mendongkrak pendapatan dari sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan pemerintah daerah Donggala. Realisasi pajak rumah makan, penginapan dan hotel di Donggal masih minim, hal itu tergambar dari data realisasi selama 2019, dimana pajak hotel, rumah makan dan penginapan sebesar Rp11 miliar dari target Rp15 miliar.

Fahri mewanti-wanti pemilik usaha yang telah dipasang tapping box agar bersikap jujur, dan meminta untuk tidak mencopot tapping box yang sudah terpasang. Sebab lanjutnya, pasangan alat tapping box sudah dikerjasamakan dan diawasi pihak kepolisian, kejaksaan dan KPK.

Dalam pemasangan tapping box ini, Bapenda Donggala didampingi Pincab Bank Sulteng Donggala, perwakilan Kejaksaan Negeri Donggala, Satpol PP, dan pers.

Diawal pemasangan ada penolakan dari salah satu pengusaha rumah makan padang, tetapi setelah diberi pengertian pelaku usaha itu akhirnya mengerti dan bersedia dipasangkan alat tapping box di tempat usahanya.

Divisi Pemasaran Bank Sulteng, Wirdah mengatakan dalam program pemasangan tapping box ini, Bank Sulteng penyedia alat perekam transaksi dan aplikasi agar proses penarikan pajak berlangsung sesuai dengan ketentuan. HAI

////////////////////

 

 

Ketfot:

Pengunjung saat mengikuti kegiatan pertemuan di Hotal Santika beberapa waktu lalu di Palu. Foto: ANT

 

Paket Meeting Terlengkap di Hotel Santika Palu

PALU, MERCUSUAR – Sukses menjadi Hotel bintang tiga pilihan utama di Kota Palu, Hotel SantikaPalu juga menghadirkan promo unggulan lainnya selain promo kamar inap dan promo food & beverages setiap bulannya, yaitu promo paket meeting atau paket pertemuan.

Untuk paket meeting yang ditawarkan bagi para tamu terbagi dalam beberapa macam, seperti paket meeting selama 4 jam (Half day meeting), 8 jam (Full day meeting), hingga 12 jam (Fullboard meeting). Harga yang diberikan pun jika hanya ingin mendapatkan 1 kali sajian coffee break adalah senilai Rp90.000,-/pax atau jika ingin mengambil kali sajian makan siang/makan malam dengan harga mulai dari Rp135.000,-/pax.

Fasilitas meeting yang disediakan pun sudah termasuk dengan pemakaian ruang meeting sesuai dengan kapasitas yang diinginkan, peralatan meeting (notes & pensil), air mineral, sound system, layar beserta infocus, dan panggung.

Untuk fasilitas ruang meeting yang disediakan oleh Hotel Santika Paluterbagi menjadi 5 ruang meeting. Masing-masing ruang meeting dapat mengakomodir jumlah peserta sesuai dengan kebutuhan. Seperti ruangan Rubi Ballroom yang bisa menampung hingga 500 pax dengan set up-an theater, ruang Safir yang bisa menampung maksimal hingga 100 pax, lalu ada ruangan Zamrud & Berlian yang dapat menampung peserta meeting dalam jumlah kecil yaitu 15 pax.

Pilihan Redaksi :  Promo Oktober Ceria dari Yamaha

“Fasilitas pendukung seperti pre-function sebagai area untuk registrasi ataupun photo booth, ruang merokok, hingga musala juga tersedia di area Hotel SantikaPalu sehingga para tamu tidak perlu lagi memikirkan hal-hal kecil tersebut,” ujar Public Relation Hotel Santika Palu, Karina Pratiwi.

Segala kemudahan untuk kebutuhan paket meeting para tamu sudah bisa didapatkan melalui satu pintu, sehingga diharapkan dapat memenuhi setiap kebutuhan meeting dari para tamu yang datang ke Hotel Santika Palu. Untuk informasi lainnya bisa langsung datang ke Hotel Santika Palu di jalan Mohammad Hatta No.18 Palu atau menghubungi 0451-424888.RES

///////////////////////////////

Ketfot:

Perajin menyelesaikan pesanan perabot lukis dari barang bekas di Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Pemerintah menargetkan peningkatan penyaluran plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp190 triliun pada tahun 2020 atau meningkat Rp50 triliun dibandingkan tahun 2019, serta akan terus ditingkatkan secara bertahap hingga Rp325 triliun pada 2024, guna meningkatkan kelas dan produktivitas UMKM nasional . ANTARA FOTO

 

Kredit Macet Naik, Dampak Corona Mulai Terasa?

MERCUSUAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut kredit macet alias non performing loan (NPL) perbankan mengalami kenaikan tipis per Februari 2020. Kenaikan NPL bersamaan dengan penyebaran virus corona (covid-19) ke banyak negara.

Virus corona sendiri telah memberikan dampak pada kinerja perekonomian banyak negara termasuk Indonesia. Virus tersebut sudah melumpuhkan aktivitas produksi manufaktur di China yang notabene banyak diekspor.

Kredit macet atau non performing loan (NPL) pun bisa tak terhindarkan lantaran ada aktivitas ekonomi yang terhambat. Lalu, apakah peningkatan NPL perbankan per Februari tahun ini didorong oleh meluasnya wabah virus corona?

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengungkapkan ada banyak faktor yang membuat NPL perbankan meningkat hingga 2,77% per Februari 2020.

Naik itu karena faktornya banyak, salah satu faktornya kreditnya kan turun,” ujarnya di komplek kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Heru berharap pelonggaran kebijakan kolektibilitas kredit perbankan yang menjadi satu pilar dapat meningkatkan pertumbuhan kredit ke depannya. Awalnya, kolektibilitas kredit ditetapkan tiga pilar yaitu ketepatan dalam membayar, prospek usaha debitur, dan kondisi keuangan debitur.

Lebih lanjut Heru menjelaskan penurunan tingkat kolektibilitas berlaku untuk pinjaman di bawah Rp 10 miliar dan di atas Rp 10 miliar. Pilar ini hanya menitikberatkan pada kelancaran pembayaran pokok dan bunga pinjaman.

Sehingga dalam menyalurkan kredit pihak perbankan hanya butuh memastikan debitur mampu pada pembayaran pokok dan bunga pinjaman saja. Kebijakan pelonggaran ini berlaku satu tahun dan akan dievaluasi setiap enam bulan sekali sambil menunggu perkembangan penanganan virus corona.

“Bankir merespons positif upaya OJK maupun BI dan pemerintah. Kita lihat perkembangan, harapan membaik kalau dampak akan panjang sudah pikir beberapa hal akan dilakukan nanti,” ungkap Heru. DTF

//////////////////

 

Hino Luncurkan Model Truk Terbaru

MERCUSUAR – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan truk terbaru medium duty, Hino Ranger FG 235 JU 4×2 di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, 5 – 8 maret 2020.

Pilihan Redaksi :  Honda Care, Layanan Service Motor Honda

Kehadiran varian anyar ini sebagai solusi bagi pebisnis untuk memaksimalkan keuntungan di tengah berlakunya larangan truk Over Dimension Over Load (ODOL).Truk Hino terbaru ini ditujukan untuk pasar pengangkutan kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor dengan kapasitas angkutan hingga 54 unit sepeda motor atau 4 unit mobil. Total truk ini memiiliki panjang 11.950 mm sementara ruang kargo extra panjang hingga 9.8 meter. Dengan wheelbase 7.030 milimeter Hino Ranger FG 235 JU lebih stabil dan aman membawa kendaraan yang hendak dikirim. Truk ini memiliki GVW 15,1 ton dilengkapi dengan Full Air Brake System agar kendaraan dapat mengerem dengan maksimal, rear camera untuk membantu pengemudi melihat kondisi di bagian belakang kendaraan sehingga lebih aman ketika akan parkir atau mundur dan side under mirror untuk membantu melihat di bagian yang tidak terjangkau atau blind spot. Bagi pengemudi, untuk mengurangi kelelahan ketika berkendara, Hino Ranger FG 235 JU telah dilengkapi dengan Seat Air Suspension yaitu kursi pengemudi dengan suspensi udara yang meningkatkan kenyamanan bagi pengendaranya.

Dalam launching Hino Ranger FG 235 JU yang dilakukan dalam ajang GIICOMVEC 2020, turut diserahkan juga Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kepada Hino dan juga karoseri untuk kendaraan ini dan sekaligus dilakukan handover kepada customer pertama yang membeli Hino Ranger FG 235 JU.

Hino500 series Ranger FG 235 JU ini merupakan bentuk dukungan Hino, kepada pemerintah untuk program Zero ODOL. Selain unit ini Hino tengah mengembangkan tipe – tipe lainnya seperti Hino Ranger truk 8×2 cargo yang merupakan terbesar kapasitasnya di rigid model, dan 6×2 Tractor Head yang siap menarik beban berat namun sesuai dengan regulasi yang berlaku. Karena truk – truk ini memiliki pembagian beban merata ke seluruh sumbu roda yang ada sehingga mengurangi berat hanya pada satu titik tumpuan tertentu ke jalan.

Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI mengungkapkan “Kehadiran Hino Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki persoalan dengan truk mereka yang terkait regulasi Odol. Maka truk ini menjadi solusi yang tepat untuk efisiensi dan efektifitas dalam bisnis logistik. Apalagi, truk Hino ini memiliki kapasitas ruang kargo dan wheelbase terpanjang di kelasnya sehingga lebih aman dan stabil di perjalanan”.

Dewanto Purnacandra – Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan mengungkapkan dalam sambutannya di booth Hino GIICOMVEC 2020 “Kami berikan apresiasi kepada Hino yang sudah memproduksi kendaraan yang sesuai dengan perundang – undangan, baik itu dimensi maupun angkut bebannya seperti yang di luncurkan hari ini Hino FG 235 JU yang telah memiliki SRUT, untuk mengangkut kendaraan bermotor dan mendukung program pemerintah untuk Zero ODOL. KONTAN

//////////////////////

HARGA EMAS MEROKET///

Nasabah Tabungan Emas Pegadaian Meningkat

MERCUSUAR – PT Pegadaian (Persero) mencatatkan peningkatan jumlah nasabah Tabungan Emas menjadi 4,8 juta pada Januari 2020, seiring tren meroketnya harga emas dunia yang mendorong minat masyarakat untuk berinvestasi di logam mulia tersebut.

Pilihan Redaksi :  Pegadaian Gelar Pertemuan dengan Wartawan

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menyebutkan hingga akhir 2019, Pegadaian membukukan jumlah nasabah produk Tabungan Emas sebanyak 4,6 juta nasabah, melonjak tajam 170 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 1,8 juta nasabah. Per Januari 2020, jumlah nasabah Tabungan Emas Pegadaian naik menjadi 4,8 juta nasabah.

“Harga emas terus meningkat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Sementara untuk memiliki emas di Pegadaian saat ini, menjadi salah satu alternatif investasi yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat,” kata Kuswiyoto di Jakarta, Kamis.

Kuswiyoto mengungkapkan lonjakan jumlah nasabah Tabungan Emas Pegadaian seiring dengan masyarakat yang makin melek investasi pada komoditas yang likuid seperti emas. Apalagi, produk Tabungan Emas sudah bisa dimiliki hanya dengan membeli 0,01 gram emas.

Harga emas dari tahun ke tahun mengalami tren peningkatan. Pada 2018, harga emas menembus rekor sebesar Rp600.000 per gram dan tahun lalu harga emas menyentuh Rp700.000 per gram, hingga akhirnya di awal 2020 sudah menyentuh Rp800.000 per gram.

Harga emas 24 karat Antam pun mencapai Rp827.000 per gram pada Selasa (3/3) malam, rekor tertinggi sepanjang masa setelah menembus Rp809.000 per gram pada 24 Februari lalu.

Berdasarkan volume, produk Tabungan Emas Pegadaian sepanjang 2019 mencapai 3,99 ton, tumbuh 108 persen atau naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 1,91 ton.

Selain itu ada sebagian nasabah yang menjual kembali emas yang dititipkan, sehingga jumlah titipan Tabungan Emas di Pegadaian per Januari 2020 sebesar 4.4 ton.

Pertumbuhan yang pesat produk Tabungan Emas tersebut menyumbang peningkatan jumlah nasabah Pegadaian secara total naik 30,3 persen menjadi 13,86 juta nasabah dari posisi 2018 sebanyak 10,64 juta nasabah.

Kuswiyoto juga menambahkan bahwa investasi emas ini berbasis riil fisik emas dan mempunyai risiko fluktuasi harga emas. Sejumlah keunggulan yang dimiliki produk Tabungan Emas Pegadaian, yakni pembelian dengan harganya terjangkau serta transaski sangat mudah dan aman.

“Walaupun uang pas-pasan, masyarakat bisa menyisihkan sebagian dana cadangan untuk berinvestasi emas. Tabungan emas di Pegadaian dapat dimiliki mulai Rp7.000-an,” kata dia.

Dengan menyetor uang, langsung terkonversi ke dalam bentuk gram di dalam buku Tabungan Emas. Setelah mencapai minimal 1 gram emas, Tabungan Emas dapat dicetak.

Keunggulan lain Tabungan Emas di Pegadaian adalah bisa dijual kembali, bisa digadaikan dengan tarif sewa modal yang sangat kompetitif, bisa dikonversi menjadi perhiasan, bisa dijadikan agunan biaya naik haji dan umroh.

Bahkan, saat ini dengan berbasis Tabungan Emas, Pegadaian melakukan co-branding dengan perbankan untuk mengeluarkan produk “Kartu Emas” yaitu kartu kredit berbasis Tabungan Emas di Pegadaian, dengan menawarkan benefit yang lebih baik.’

Untuk transaksi secara manual, Tabungan Emas Pegadaian dapat diakses masyarakat melalui transaksi di 4.123 outlet dan 9.674 agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Secara global, harga emas dunia sudah melampaui level psikologis 1.600 dolar AS per troy ounce pada 19 Februari 2020 dan mencapai rekor tertinggi 1.643,31 dolar AS per troy ounce.

Sementara itu, pemangkasan suku bunga acuan oleh The Fed diyakini oleh sejumlah kalangan dapat menjadi katalis positif bagi emas untuk terkerek naik, seiring kondisi ekonomi global yang masih tertekan. ANT

Baca Juga