GKS 1000 AHB SMK Masih Terus Berjalan

  • Whatsapp
Irwan Lahace

PALU, MERCUSUARKepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Irwan Lahace mengungkapkan, program Gerakan Kembali Sekolah (GKS) 1000 Anak Harap Bangsa (AHB), saat ini terus berjalan di SMK, bahkan beberapa siswa AHB di SMKN 7 Palu, mengikuti praktik kerja lapangan di Makassar.

“Justru para siswa AHB ini mempunyai talenta pelaut yang baik, karena para siswa ini tidak sekolah bukan karena tidak mau bersekolah, tetapi karena keterbatasan dana dan kesempatan. Olehnya setelah kami rekrut siswa putus sekolah di SMKN 7 Palu, tidak disangka para siswa ini bagus, artinya bahwa ada suatu kebanggaan,” ujar Irwan, Sabtu (8/9/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Hari Pertama Ops Zebra 2020 - Polres Palu Tilang 15 Pengendara 

Begitupun kata Irwan, di SMK lain, siswa AHB ini diikutkan untuk pratik kerja lapangan, di beberapa daerah.

Irwan mengatakan GKS 1000 AHB ini sudah ada dampak positif.

“Sebenarnya saya juga ada sedikit  keraguaan, tetapi karena yang membuat dan mendorong program ini saya juga, karena saya pernah tangani pendidikan luar sekolah, sehingga salah satunya sekmen inilah yang kami diskusikan,” ujarnya.

“Justru itu dalam diskusi-diskusi  dan pelaksanaanya tidak bisa samakan kurikulumnya, saya lebih cenderungnya siswa AHB lebih lama praktik di lapangan dari pada di kelas, karena kita inginkan para siswa di SMK mempunyai keterampilan dan juga dapat pengakuan dari dunia usaha, untuk mendapatkan sertifikasi,” jelasnya.

Pilihan Redaksi :  Disdikbud Palu Susun Perangkat PJJ

Olehnya itu kata Irwan, hal tersebut yang dilakukan saat ini oleh siswa-siswi AHB SMKN 7 Palu di Makassar. UTM

Baca Juga