Gubernur Sebut Hasil Penelitian

  • Whatsapp
FOTO HLLL GUBERNUR TANAM BAWANG

POSO, MERCUSUAR – Gubernur Sulteng, Longki Djanggola mengatakan pengembangan budidaya bawang putih di wilayah Lore merupakan hasil penelitian, karena tanah di wilayah Lore cocok untuk menanam bawang putih.

Hal itu dikemukakan Gubernur saat penanaman perdana bibit bawang putih di kebun Kelompok Tani Mekar Baru, Desa Watumaeta, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, didampingi Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Mohammad Hidayat Lamakarate; Asisten II, Elim Somba; serta Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang, Syaifullah Djafar, Kamis (6/2/2020).

Dijelaskannya, bibit yang ditanam merupakan bantuan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulteng dan HKTI Nusa Tenggara Barat (NTB) yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Sulteng dan Kabupaten Poso.

Pilihan Redaksi :  Kapolres Pantau Wilayah Sigi Melalui Udara

Diakuinya, masyarakat di Lore belum terbiasa menanam bawang putih, tetapi diharapkan dapat dikombinasikan dengan tanaman yang sudah ada.

Ia optimis perlaha masyarakat akan terbiasa menanam bawah putih.

“Saya yakin setelah saya coba menanam pasti masyarakat bisa merawat tanaman ini dan semoga berhasil,” ujarnya.

Kedepan, kata Gubernur, pemerintah akan mendatangkan petani bawang putih dari NTB untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat Lore dalam satu musim tanam bawang putih, agar dapat lebih berhasil lagi untuk menanamnya.

Menurut Gubernur, potensi pertanian Sulteng kedepan sangat menjanjikan dengan berpindahnya ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim), karena Sulteng merupakan daerah penyangga kebutuhan ibu kota negara termasuk pemasuk komoditas pertanian hotikultura.

Pilihan Redaksi :  Bansos Beras PKH - Penyaluran dari Bulog Tuntas

“Sehingga saya harap masyarakat Sulawesi Tengah harus siap untuk menjawab tantangan tersebut,” pintanya.

Dalam waktu dekat, tambahnya, ia akan melakukan pertemuan khusus dengan Gubernur Kaltim guna membicarakan hal-hal dukungan Sulteng dalam persiapan calon ibu kota negara yang baru.

Gubernur berjanji akan memberikan dukungan terhadap peralatan kebutuhan produksi pertanian kepada masyarakat petani. “Oleh sebab itu petani Lembah Lore harus rajin bekerja dan harus bangkit,” harapnya.

BERTANI DI LORE

Pada kesempatan itu, Gubernur juga berpesan agar masyarakat lebih sungguh-sungguh menjalani profesi sebagai petani. Sebab ia juga berjanji nanti akan bertani seperti masyarakat pada umumnya.

“Setelah saya lihat-lihat di sini, saya akan datang ke sini untuk bersama-sama masyarakat bertani. Saya sudah berikrar saya akan bergabung dengan masyarakat di sini untuk bertani,” katanya. BOB

Pilihan Redaksi :  COVID-19 Bertambah 17 Kasus

Baca Juga