Gubernur-Wagub Sembuh, Masih Isolasi Mandiri

  • Whatsapp
gubernur

PALU, MERCUSUAR – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg Palabbi dinyatakan sembuh dari Covid-19. Namun keduanya saat ini masih isolasi mandiri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng Moh. Haris Kariming mengemukakan hal itu kepada Mercusuar, Senin (11/1/2021).

Berita Terkait

Dijelaskan, keduanya dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) terakhir yang terkonfirmasi negatif Covid-19.

“Pada Sabtu (9/1) mereka menjalani tes usap (swab) polymerase chain reaction (PCR) dan sampelnya diambil untuk diperiksa oleh tim Laboratorium Kesehatan (Labkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng. Pada hari Minggu (10/1) pukul 23.00 Wita hasilnya keluar dan terkonfirmasi negatif Covid-19,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Gubernur Dorong Pemkab Buol Gelar Porprov

Ia menyebut sampel yang terkonfirmasi negatif Covid-19 dari hasil pemeriksaan tersebut bukan hanya keduanya, tapi juga termasuk dia sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng Richard Arnaldo yang juga sebelumnya dinyatakan terpapar Covid-19.

“Khusus Gubernur Sulteng telah melalui dua kali tes usap (swab). Pertama pada Sabtu (9/1) yang diperiksa di Labkes Dinkes Sulteng dan kedua di Labkes Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu pada Ahad (10/1), dan hasil pemeriksaan kedua sampel itu negatif Covid-19,” ujarnya.

Meski telah sembuh, lanjut Haris, keduanya dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sulteng yang dinyatakan telah sembuh tetap menjalani isolasi mandiri dan menjalankan roda pemerintahan dari rumah jabatannya.

Pilihan Redaksi :  Gubernur Terima Bantuan 2. 000 Paket Sembako

“Meski telah terkonfirmasi negatif COVID-19 mereka tetap menjalani isolasi mandiri hingga 10 hari ke depan berdasarkan protokol kesehatan pencegahan da penularan Covid-19 Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg Palabbi diketahui terpapar Covid-19 pada Selasa sore (5/1) setelah keduanya menjalani tes usap (swab) PCR pada Senin (4/1).

Meski terpapar Covid-19 mereka tetap menjalankan roda pemerintahan dari rumah jabatan masing-masing, tempat di mana mereka diisolasi.

Bertambah 116

Sementara itu hari Senin kemarin yang positif covid-19 bertambah lagi 116 orang. Dengan demikian secara kumulatif positf Covid-19 di Sulteng menjadi 4.765 orang.

Penambahan kemarin terbanyak di Banggai 44 orang disusul Palu 33 orang, Poso 18 orang, Bangkep 10 orang serta Sigi dan Tojo Unauna masing-masing 3 orang.

Pilihan Redaksi :  Gubernur Apresiasi Prestasi Atlet Menembak

Sementara yang sembuh bertambah 95 orang sehingga jumlah tottalnya menjadi 2.610 orang.  Sementara yang meninggal bertambah enam orang sehingga totalnya menjadi 130 orang.

Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh. Haris Kariming mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 serta yang paling utama menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.
“Yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Sulteng,” katanya.BOB/ANT

Baca Juga