Gurihnya Panada Celebest Hadir di Hutan Kota

  • Whatsapp
panada celebest

TALISE, MERCUSUAR – Bagi warga doyan sama kue panada, tepatnya suguhan kue panada dari Panada Celebset, kini bisa mendapatkan kudapan tersebut di Hutan Kota, Kelurahan Talise. Panada merupakan salah satu jenis kue yang popular, ada yang bilang kue ini merupakan pengaruh kuliner Portugis juga karena bentuknya yang mirip pastel.

Kue khas tersebut tak hanya aromanya yang wangi tetapi juga enak rasanya. Bentuknya nyaris mirip pastel namun dengan adonan kulit yang lebih tebal, saat digigit kulitnya yang tebal terasa empuk dengan kejutan isi berupa ikan cakalang yang pedas gurih menggoyang lidah.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Wagub Lantik Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika

“Panada Selebest ini memang terkenal dengan ikan cakalangnya, apalagi ditambah varian isi keju, coklat dan isian pizza. Tak heran jika selain diolah sebagai masakan ikan ini juga dibuat variasi sebagai isian. Kue tradisional ini juga populer di Kota Palu yang kini hadir di area Hutan Kota, tepatnya berdekatan dengan Warung Kopi Kopi Hitamkoe.

Panada Celebest yang didirikan oleh Wahyudi Firman Maranua itu, sebelum bencana 28 September 2018 lalu, Panada Celebest membuka lapak jualan di area Kampung Nelayan, namun karena terdampak bencana, maka Yuyun, sapaan akrab pemilik Panada Celebest, Kembali membuka lapak di depan rumahnya di Jalan Sutomo, dan untuk menambah segmen pasar ke anak muda, dia Kembali membuka gerai area Hutan Kota Kaombona.

Pilihan Redaksi :  Audiensi Penyintas dan Pemkot Tak Menuai Hasil

Yuyun mengungkapkan, setiap harinya ketika membuat adonan Panada Celebest menghabiskan 1 karung tepung menjadi sekira 100 buah panada yang dijualn seharga Rp.2500 per buah untuk varian rasa isi ikan, sedangkan panada isi pizza harganya Rp.5000 per buah.

Yuyun mengatakan, panada isi keju punya tampilan luar yang sedikit berbeda, semburat corak cokelat tua di bagian permukaan panada menandakan adanya potongan keju yang sengaja ditempel dan ikut digoreng. Tampilan panada di sini terlihat sama seperti panada pada umumnya, mirip pastel dengan pilinan kulit pinggirannya, hanya saja aromanya manis khas roti goreng.

“Kami sangat penasaran dengan cita rasa panada isi cakalang milik Panada Celebest. Begitu dibelah, isian suiran ikan cakalang bumbu pampis memenuhi rongga dalam panada hingga menyumbul keluar. Terlihat pula adonan putih panada yang cukup tebal,”ucap Adel, yang ditemui saat membeli, Kamis (22/10/2020). ABS

Baca Juga