Guru Dituntut Peka Kepada Siswa

0 21

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

PALU, MERCUSUAR – Guru yang ideal itu tidak hanya menguasai materi pelajaran yang diajarkannya, tetapi juga harus menguasai personal perserta didiknya. Sebab, daya tangkap masing-masing peserta didiknya berbeda-beda, untuk itu kepekaan seorang guru dibutuhkan untuk memastikan materi yang diajarkannya itu dipahami oleh semua peserta didik.

“Secara personal, daya tangkap masing-masing siswa berbeda, cara menangkap materi tidak sama, mungkin ada siswa yang pendengarannya kurang jelas, atau ada mata siswa yang kurang begitu normal, guru harus jeli melihat para siswa,” katanya, Sabtu (28/9/2019).

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Palu, I Nyoman Setiartawan mengatakan peran guru sebenarnya sangat banyak karena mereka sangat menentukan proses pendidikan kepada para pelajarnya.

Selain itu, penataan meja dan kursi itu juga sangat menentukan keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sebab jika penataan meja dan kursi tidak baik, maka kenyamanan siswa dalam mengikuti KBM juga tentunnya tidak wujud, sehingga dapat menurunkan fokus peserta didik saat mengikuti KBM.

Guru juga, harus menguasai metode pembelajaran, apalagi di Kurikulum 2013 (K13) itu ada beberapa model pembelajaran, salah satunya problem solving yang langkah-langkahnya harus dikuasai, serta mampu menginspirasi peserta didik.

“Dalam pembelajaran itu, siswa akan lebih mudah mengingat jika mereka dilibatkan langsung. Olehnya guru harus benar-benar menguasai model pembelajarannya, peserta didiknya, dan materinya,”tuturnya.

Hal ini merupakan tantangan yang harus bisa dilakukan dengan baik oleh guru, terlebih khusus dalam memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan. Tidak ada kata terlambat, sebab belajar itu tidak mengenal umur.UTM

 

 

Dapatkan Info berita terupdate Langsung ke perangkat anda, Berlangganan.

Komentar
Loading...